Monday 23 January 2012

Life Lesson


Mungkin kemarin, 22 Januari 2012, merupakan salah satu dari sekaian tanggal yang akan terus melekat di ingatan saya ini. Ya, kemarin dimana saya mendapatkan pelajaran yang berharga yang membuat saya mengail kembali  nilai- nilai  hidup yang mungkin sedikit demi sedikit telah hanyut entah kemana. 

Jadi, kemarin saya sedang menunggu angkot menuju rumah saya seusai dari atm untuk mengecek honor dari jasa mengoreksi skripsi teman saya, atau yang lebih trend dikenal dengan proofreading. Maklum, sedang mengumpulkan kembali pundi- pundi untuk angsuran naik haji haha bohong. Yah, beginilah nasib fresh graduate yang belum punya pekerjaan tetap a.k.a pengangguran haha. 

Alright, kembali ke pembicaraan semula, sore itu memang agak sepi. Tumben sekali padahal jamnya orang –orang kantor atau karyawan pulang. Agak lama menunggu angkot yang siap berangkat. Ada beberapa tetapi sedang tidak ada supirnya dan mungkin memang sengaja diberhentikan. Sebenarnya bukan angkot, semacam minibus pribadi yang sengaja dipakai untuk menarik penumpang. Maklum, di desa.

Sekitar  sepulun menit berlalu, masih saja tidak ada. Tidak lama, ada seorang pengojek yang menanyakan kepada saya ke arah mana saya akan pulang. Dan dia pun mengajak saya  untuk menaiki motornya secara cuma- cuma alias gratis. Awalnya saya ragu, karena marak terjadi penculikan dan pemerkosaan. Untuk yang kedua itu memang tidak mungkin juga dilakukan di atas kendaraan roda dua. Atau mungkin saja? 

Begini kira- kira pembicaraannya.

“Neng, pulang kemana?”
“Banjar. Banjarsari.”
“Oh yaudah bareng sama saya aja kalo gitu, kebetulan searah.”
“Abang ngojek?”
“Ya terserah eneng, kalo mau ngojek hayu..saya mah nawarin aja. Gratis neng sekalian saya juga mau pulang. Hayu bareng aja.”

Setelah abang- abang pengojek itu  terus meminta saya, entah kenapa mungkin muka saya yang lugu, rapuh, dan memelas yang mengundang rasa iba si abang ojek itu kepada saya. Saya menyebutnya abang karena menurut perkiraan saya usianya masih muda. Dan saya juga mendengar beberapa celetukan dari supir- supir angkutan di belakang saya “Udah neng, naek aja mumpung gratis nooh!”. Ya sudah saya jawab, “Yaudah deh bang ojek aja!” 
Akhirnya saya menaiki motor si abang ojek itu. Dan di perjalanan pulang pun terjadi pembicaraan yang menurut saya bukan pembicaraan tukang ojek yang sering berkumpul di perempatan, sambil munim kopi dan main judi gaple. Begini,..

“Abang, gak lagi nyulik saya kan?”
“Wahahaha, waduuh si neng siapa yang mau nyulik. Sok tanyain aja sama orang sini, pada kenal saya kok. Lagian, kalopun nyulik sok aja neng lapor.”
“Hehehe kan becanda bang, ya takutnyaa”
“Bukan gitu neng, jadi waktu dulu saya sering numpang motor orang kalo gak punya duit banget mau ada perlu kemana gitu.”
“Oooh”
“Jadi, saya sekarangnya suka kasian aja gitu kalo ngeliat orang belom pulang, mungkin gak punya ongkos. Yaudah saya ajak aja neng, siapa aja setiap pulang ngojek. Sebenernya ini juga saya belom dapet penumpang dari siang, tapi daripada saya laper mending pulang dulu lah neng.”
*hanya bisa terdiam*

“Neng?”
“Eh iya bang”
“Jadi gitu neng, bukannya mau nyulik hehehe.”
“Hehehe..kan becanda bang, ah si abang.”

Si abang ojek melanjutkan ceritanya..

“Ini juga saya harus bantu sodara saya yang ditinggal suaminya, padahal anaknya masih kecil.”
“Ya ampun” *kembali terdiam tak berkutik*

Entah kenapa pertanyaan terlontar dari mulut saya

“Terus, abang udah nikah?”
“Udah neng, tapi udah cerai.”
“Kenapa gak nikah lagi bang?”
“Troma (trauma) neng. Lah, gimana mau nikah lagi, ini aja udah syukur cukup buat makan.”
*Hanya bisa menunduk malu*

Saya melanjutkan.

“Ya.. sabar aja bang. Yang penting abang ikhtiar dan berdoa aja sama Allah. Terus kayak gini ya bang, sedekah ke orang. Sedekah kan bisa kayak gimana aja, ya contohnya kayak abang gini. Ya, walaupun maaf, abang gak bisa sedekah kayak orang- orang biasanya, tapi dengan kayak gini abang udah ibadah sama Allah. InsyaAllah bang, bakal dicukupkan rejekinya sama Allah kalo terus ibadah dan sedekah.”
“Iya neng doain aja. Yah, saya mah bersyukur aja deh neng.”

Tidak terasa, saya hampir sampai meunuju rumah. Saya beritahu si abang tukang ojek itu dimana berhentinya. Uang yang saya genggam yang tadinya saya gunakan untuk membayar onkos angkot pun saya tambahkan beberapa lembar untuk saya berikan ke abang itu. Mungkin tidak cukup untuk membayar kebaikan dan pelajaran yang saya dapatkan dari perjalanan tadi. Sudah saya duga, abang ojek itu enggan menerimanya. Ada sedikit paksaan agar si abang itu mau menerimanya. 

“Ah neng, gak usah.”
“Udah bang biarin.”
“Gak apa- apa neng. Saya kan tadi cuma sekalian pulang”
“Tapi, saya juga kan ngojek ke abang tadi.”
“Bener neng?”
“Bener.”
“Neng ikhlas?”
“InsyaAllah bang saya ikhlas.”
“Makasih ya neng.”
“Sama- sama ya bang. Mudah- mudahan berkah”

Saya memasuki rumah dan langsung bercerita kepada adik dan ibu saya. Alhamdulillah ya Allah, saya masih disadarkan dengan kejadian ini. Saya merasa malu dan kecil. Abang tukang ojek yang hidupnya susah saja, masih sanggup bersedekah, berbagi dengan sesama dan tanpa pandang bulu. Apalagi saya yang Alhamdulillah diberikan rejeki yang lebih daripada si abang ojek itu. Seharusnya saya lebih giat beribadah dan berbagi dengan sesama. Buat apa terus menerus melihat ke atas, bersombong ria, membeli sesuatu demi gaya atau apalah itu, sementara di sekeliling kita harus berusaha sekuat tenaga demi bertahan hidup. Mungkin, ini bisa menjadi renungan bagi kita semua, bahwa kita di bumi ini hanya dititipkan untuk mencari bekal sebanyak- banyaknya untuk kembali pulang ke rumah. Rumah yang sebenarnya.

Tuesday 17 January 2012

Sherly Oh Sherly!


Mungkin bagi temen- temen yang sering berinteraksi dengan gue akhir- akhir ini udah hafal atau bahkan udah bosen malah dengan topik pembicaraan gue. Ya, itu dia gue lagi keranjingan sama yang namanya Sherlock Holmes. Oke, itu bukan sesuatu yang asing. Siapa pula yang gak tahu sama tokoh detektif flamboyant, slengean, tapi jenius ini. Paling enggak, pernah denger namanya lah tokoh fiksi karya Sir Arthur Conan Doyle ini. 

Kegilaan ini gue mulai dari menonton film yang pertama dari dvdnya Nca. Sehabis interview dan job tests sana- sini, gue emang kepingin menghadiahkan diri gue dengan hiburan. Wajarlah abis berpusing- pusing ria dengan kemelut di kehidupan sebenarnya (ce ileh). Dan cara yang sederhana, menghibur, dan menambah wawasan pula ya dengan menonton film. Ada beberapa dvd yang gue bawa dan kebanyakan ber-genre action. Entah kenapa gue kepengen nonton yang Sherlock Holmes dulu. Pas diputer, walah subtitle-nya porak poranda, kacau balau. Dan gue merasa gak terlalu asing dengan beberapa scene pertama ini. Gue pikir, kayaknya gue pernah nonton deh ini, kayaknya gue punya file-nya. Pas gue buka folder di laptop ternyata emang bener ada. File-nya tersimpan di folder ‘dari geni’. Jadi, waktu itu sekitar awal atau pertengahan 2010, gue dan Geni lagi demen- demennya nyewa cd dari tempat penyewaan cd paling tenar kala itu. Inget ye cd bukan dvd. Kenapa kita seneng banget sama nyewa disitu karena cd nya asli jadi gak ada tuh problem macet atau subtitle ngaco begimana. Dan kita sering tuker- tukeran cd yang dipinjem. Si Geni ini cerdas, dia nyimpen filenya sebelum dikembalikan lagi. Haha. Dan yang gue tahu doi emang suka banget novel- novel detektif layaknya Sherlock Holmes. Selera filmnya juga yang action, pembunuhan, misteri- misteri berat deh kayak Jennifer’s Body, Hallow. Balik ke film Sherlock Holmes, gue juga sempet puter itu film, cuma yang dibenak gue ‘film apaan sih ini?” mengingat waktu itu gue sangat suka genre drama romantis heuuuuh. Tanpa pikir panjang, gue stop itu film dan beralih ke ‘No Reservations’ yang mana sangat gue gandrungi kala itu, entah berapa kali puteran gue tonton. 

Yang udah gue bilang tadi, karena subtitle nya linglung, gue menonton lagi yang file cd itu walaupun gambarnya gak setajem silet, maksud gue yg di dvd, tapi subtitlenya normal. Sebenernya, Red line nya udah ngerti, cuma mengingat ini adalah film inggris yang mana aksennya sangat kaku ditambah settingnya sekitaran tahun 1800-an, membuat gue kesulitan mengenali detail vocabularies yang diucapkannya. Itu karena semua terlihat seperti orang yang kumur- kumur air raksa. 

Setelah nonton yang kedua kali udah cukup membuat gue kagum sama tokoh fiksi Sherlock Holmes ini. Gile, jenius total. Dan cast-nya, Robert Downey Jr.  sangat bisa mengalihkan gue dari si memesona Jude Law yang mana adalah alasan gue menonton film ini. Yup, gue emang sangat cinta dengan Jude Law, siapa yang memungkiri ketampanan doi. Udah mah ganteng, british, aksennnya juga british, suaranya serak basah, ada tahi lalat manis di pipinya. Eeuuuhh..mau apa coba? Mau mati! 

Tetapi, eh tetapi aksi Downey ini berhasil membuat gue meleleh luber pemirsa dan membuat gue untuk terus memutar filmnya kembali baik cd maupun dvd. Entah berapa ribu kali gue nonton ini. Bahkan dvdnya gak gue keluarin dari laptop karena gue tahu gue bakal nonton film ini lagi dan lagi. Dan ini membuat gue tidak tahan akan menonton sequel yang keduanya Sherlock Holmes, A Game of Shadows. 

>> Gak ada bosennya 
Gue pun telah merencanakan jauh- jauh hari untuk menonton film yang keduanya. Dan tidak peduli walaupun sendirian. Setelah melewati aral lintang termasuk harus ke dokter dan pembuatan e-KTP yang ngantrinya dua hari, gue berhasil membeli tiket untuk menonton film mahapenting ini. 

Baru liat tulisan Sherlock Holmes-nya aja udah cengar- cengir sendiri. Di film yang pertama aja gue udah meleleh luber, lah ini yang kedua gue resmi hanyut permisa! Aksi- aksi Downey dan Law ini membuat gue terbawa arus tak terselamatkan. Tuhan, tenggorokanku tercekat, tidak kuasa berteriak. Oke, gue berlebihan.  Tapi, emang bener semuanya perfect. Dari segi komedinya dapet banget, actionnya parah, inteleknya menjual. Dari awal sampe akhir gak ada yang flat semua bergejolak. Apa lagi ini gue. Dan casts barunya juga ciamik, kayak Jared harris yang jadi Prof. Moriarty dan Noomi Rapace si gipsy woman yang sangat mirip sekali dengan Johnny Depp KW Super. 

Pokonya kalo gak nonton, lo termasuk dalam golongan orang- orang yang merugi. Tuh, udah bikin fatwa aje gue. Dan karena kekaguman kepada Sherlock, gue pun jadi menggandrungi pemeran utama ini yang udah gue bilang tadi, Downey. Dan gue pun mencurahkannya di twitter. Ternyata, temen gue juga ada yang suka banget sama Downey. Si anti (@wirantish) emang suka dari dulu dari jamannya Iron Man. Gue juga sempet nonton Iron Man tapi gak sejahanam ini memujanya. Jadilah kita bertarung rebut- rebutan Downey! Memperebutkan tahta istri khayalan pertama si Downey lah segala macem. Hadeeeh. Sangat mengundang keprihatinan masyarakat ketika mengingat kalo kita baru saja lulus kuliah dan bukan anak smp yang kejepit pintu. 

Oya, ini pertama kalinya gue nonton sendirian. Biasanya ramean atau minimal berdua lah. Kalo jalan sendiri sih sering. Hmm anehnya kalo jalan sendiri pasti ada aja hal konyol yang gue lakuin, contohnnya kemaren sumpit jatoh lah, air teh tumpah pas selangkangan pula, salah masuk ke toilet cowok. Arrghhh… Ya Tuhan, kenapa ini terjadi saat gue jalan sendirian di tengah mall yang paripurna ini. 

Intinya, gue seneng banget bisa nonton film yang keduanya walaupun sendiri dan gak ada yang bisa gue ajak diskusi. Walaupun pulang malem, kehujanan, mata burem, dimarahin, dan jatuh miskin, tapi gue bahagia..

See



bahagia itu sederhana :)

Thursday 5 January 2012

Eye


It’s quite warm and watery when I woke up.  I felt something wrong with this. I brought myself to the front of the mirror and it’s reddish. The right one, only. This, I didn’t take into account. My graduation day came along. It didn’t bother too much because I’ve dropped some contained Naphazoline to it. Until the day I went home, it was still red and quite swollen. My Dad picked me out to the clinic nearby. I took the medicine regularly and dropped in higher dose as suggested by the doctor. I didn’t feel any trouble with this anymore until I woke up in the morning in recent days and something different occurred.  

I couldn’t see clearly with the right one. I immediately dropped somewhat contained Dexomethasone Sodium Phospate into it. One drop, two drops. No change. I’m back on doing the same thing in the afternoon and at night. And I felt that warm and watery again in the morning. As days gone ,it becomes a bit disturbing when I’m reading a book or watching a movie. My sight was just like in the room with the dim light. Such an opaque sight In one side only. I told my Mom to see the ophthalmologist to check what going’s on with this. 

Today, I did the medical check. The doctor’s assistant said that there might be an infection. Yes, my eye nerve is possibly infected. That’s my temporary diagnose. Next week, I’m going to go back to see the doctor as suggested because I came late today. She said that the process of checking takes long time with such particular optic equipment so I should come early. 

One thing that makes me afraid is this: I can’t see each word as easy as before when reading. It seems there is something disturbing my sight, particularly on the right one. I should stop for a while because the muscle of this right eye seems tired. Yes, a bit hard to do thing that I love most. 

However, when I was in the shower, something came through the glass in my bathroom wall. It was red orange. When I was out on the balcony, oh my The Almighty God, I saw the beauty in Your sky. The combination or blue, red, pink, and orange. At that time, suddenly the smile was cracked on my cheeks. Thank God I still can see this gorgeousness even though it’s not so clear. Thank God..Thank God..Thank God. 

I feel much more betterer. Haha. Oh, no It’s a redundancy. I feel better like the song I’m listening to now ‘I Feel Better’ from Frightened Rabbit, but I’m not frightened anyway hehe. 

See, so many things to be laughed than to be cried.  

What Would You Like To Say?


Can you believe that this is near my house?


 

*singing: to lay in lakes......

It's an Achievement of 2011


Alright. Yeah I don’t know what the best word to start is even though I write this kind of thing almost everyday. Hehe. Today, everybody talks about what they’ve gotten in 2011 and what they want to reach in 2012. Then, those called ‘resolutions’ are eventually posted in social networking such as Twitter and Facebook.  Simultaneously, it drives me to my own reflection; what I’ve done and gotten and what I haven’t in previous year. I don’t really have any idea of this because I didn’t write any resolutions at all in January 1st of 2011 regarding I write some resolutions in every single day.  I plan what I’m going to do in the day before I get sleep and I check the list before I get back on the bed, while I write the plan for tomorrow again and it is continuously  done almost everyday. I said almost because I sometimes forget and feel lazy. Yeah, human. Or alibi. Haha. I don’t know it becomes such my habit. To be well-organized, well-planned, well-arranged. Yeah, A blood type (commonly).  So, is that resolution as well, huh?  What do you call for it? A daily target? goal? I think it’s just the same. Quite perhaps to refer something that we want to reach no matter it’s daily, weekly, monthly, or even annually.
Well (I, with all my heart, feel how important the functional grammar course is that I know the continuative adjuncts, such as well, alright, so, etc. really work out in making the logical connections between these kind of written thought. Confused? Think!). Yup, talking about 2011 for me is just about the monotonous activities. My research paper became the Queen of my Monarch. I work for paper, I eat for paper, and even I run for paper. Nevertheless, at last I could pick the ripen fruit. And the taste was just sweet when the harvest time on the last of the month, December. Not only me who tasted it as I said, it’s not only mine; it’s ours. 




 

So, what are my resolutions for 2012? I’ve not written them yet. It should not be written in the New Year eve, right? Later on, I’ll tell you. I don’t mind. Perhaps. 
My graduation.It's an achievement for me in 2011.

Monday 2 January 2012

Think This!

"I had some brand new shoes. They were all red, but they gave me the blues."

Yes, that lyrics describe me so much. now.

Today, I'm a Surgeon


In Between the Journey

Cikande- Balaraja- Grogol- Pulogadung- Cakung- Pulogadung- Panglima Polim- Blok M- Pulogadung- Cakung- Pulogadung- Juanda- Antara- Pasar Baru- Grogol- Cikande.

Yah, begitulah hidup gue selama 2 hari di minggu terakhir di tahun 2011. Dan selama itu saya seliweran lewat Kawasan Industri Pulogadung yang katanya Tambang Emas berada di sana. Ke timur sedikit lagi Bekasi, tempat saya menginap ke barat sedikit sudah Kalimalang. Andai beberapa hari sebelumnya sudah berada di sana. Memang pantas, kalo daerah yang saya tinggali selama dua hari terakhir kemarin merupakan daerah penggalauan.


P.S: Makasih Eni, udah ngebolehin gue nginep di tenpat lo. Laen kali, kita maen yuk ke pabrik pupuk atau apapun deh di kawasan itu, siapa tau ketemu Tambang Emasnya. Atau temenin gue aja ke Pekayon, ada kenalan yang mau minjemin gue sepeda katanya.

Jan 1st

Happy New Year 2012, Everybody!



That's want I want to say. What else?