Wednesday 3 April 2013

To Thank God

Belakangan terakhir lagi ramai celetukan penyanyi kondang Anggun C Sasmi yang bilang kira-kira begini "Hidup itu gak semulus pahanya Cherry Belle". Memang betul, kalau kita perhatikan sebagai suatu kendala, muncul saja tidak berhenti-henti di waktu kapanpun dan dalam bentuk apapun. Misalkan, ketika masalah pekerjaan sudah terselesaikan, ada saja misalnya masalah dengan orang sekitar, rumah tinggal dan banyak lagi kalau kita mau urutkan satu per satu. "Kayaknya adaaa ajaa" kalau kata orang-orang kebanyakan seperti itu hehe. Tapi, beda lagi memang kalau kita lihat itu sebagai suatu tantangan. Itu semua terasa berkah.  Memang, men-switch dari bencana ke anugerah itu sulit dan gondok di hati. But let the breeze blow to you, meski di Jakarta susah banget dapet breeze yang ada kesemprot asap Kopaja.

Kayak beberapa waktu lalu, gue belajar sesuatu (it has nothing to do with Syahrini, anyway). Gue disuuruh liputan mendadak (lagi dan lagi) ke Museum Joang di Cikini pukul 11.00, sementara gue dikasih taunya pukul 12.30. Gubrak! Dan setelah itu gue liputan ke DPP Partai Hanura daerah Tanjung Karang yang agak muter dari lokasi sebelumnya. Pas balik kantor, handphone gue ngadat deh, batrenya udah buncit. Dan gue belum kunjung mentranskrip rekaman dan belum ada berita dari Hanura yang gue buat. Tetiba, keadaan kantor agak panik, gue liat Wapemred mondar-mandir. Gue sebenernya udah ngambil tempat komputer yang paling ngumpet eh akhirnya dia nyamperin gue dan berkata:

"Juwita, kamu bisa kan jalan ke Istana?" 
"Ngapain Pak ke Istana? Lho, gak apa-apa saya pakaiannya begini (Jeans+jaket)? (Kalau liputan di Istana harus rapi pake kemeja dan celana bahan)
"Gak apa-apa"
"Ada apa Pak di Istana?"
"Kebakaran!"

Temen-temen gue yang tadi bergosip pun pada diem, mereka mungkin ngerti gue lagi riweuh gara-gara handphone eh disuruh mendadak liputan, kebakaran, istana lagi yang kebakarnya. Padahal di situ ada Yuni, temen satu desk politik, yang terang-terangan keliatan. Yaudah, gue ke bawah naik ojek dan sempet berantem juga tuh sama tukang ojek dan berhenti di halaman Istana Merdeka. Gue ngikutin tiga fotografer yang juga tidak mengindahkan pertanyaan gue yang panik. Bodo amat, gue berani-beraniin minta nebeng abisan gue gak tau musti kemana.

Nyampe di lokasi, mereka malah mau naik ke gedung badan penanggulangan bencana apalah itu buat ngambil gambar. Gue langsung nyebrang dan ketemu temen-temen wartawan yang gue kenal. Mereka gak bisa masuk karena gak punya id pers istana, yang boleh masuk cuma wartawan istana aja. Yaudah gue wawancara sebisanya ke pihak kepolisian sama suku dinas kesehatan Jakarta dan selanjutnya melakukan telepon interaktif dengan Pak wapemred. Udah agak lama, Jokowi pun dateng terus gue juga sempet wawancara Kapolda Metro Jakarta meski ujungnya ditegor karena enggak tau itu kapolda hehe.

Setelah konfrimasi ke Wapemred gue boleh balik apa enggak, ternyata boleh. Alhamdulillah. Akhirnya gue balik bareng anak Antara TV, lumayan kagak ngongkos. Sampe kantor, pas ngaca udah deh sekucel-kucelnya muka, laper pulak. Ternyata kantor udah ngebeliin nasi padang sama beberapa kaleng biskuit Kong Ghuan haha Alhamdulillah. *jogeddora

Di satu sisi, saya dapat pengalaman bagaimana meliput peristiwa hectic yang biasanya diskusi santai, terus saya juga dikasih kesempatan buat menebus dosa karena gak wawancara Pemred dan buat berita barunya.  Yuni juga bersyukur karena dia tidak terseret dalam jerat liputan meski jelas-jelas terlihat dan dia menuliskan yang kira-kir begini di status BBM-nya, "Thanks JC, I feel Your protection".

We both said "Thanks God"

P.S: postingan ini ditulis beberapa waktu lalu.



0 comments:

Post a Comment