Tuesday 12 March 2013

Jelajah Leuser

Gue mau cerita nih hehe. Jadi, beberapa minggu yang lalu gue dikirim ke Medan buat liputan. Sebenernya itu liputan berita khusus dan kerjasama (Kesra) yang biasanya mencakup pendidikan, lingkungan, kesehatan, keagamaan dll. Entah kenapa atau mungkin kekurangan personel, gue yang lagi di desk politik ditariklah sama manager desk kesra buat liputan itu. Pas ditawarin, gue disuruh baca Terms of Reference (TOR) nya dulu. Pas tahu kalau itu liputan lingkungan ke hutan dan bakal ketemu orangutan ya gue gak nolak donk hehe. Meski gue gak tahu nanti bakal gimana di sana, bakal masuk hutan atau nginep dimana, gue udah antusias aja bakal liputan pertama kalinya ke luar kota. Tapi, deg-degan juga sih karena ini pertama kalinya gue naik pesawat.

"Kamu belum pernah naik pesawat?"
"Belom, Pak,"
"Waduuh, saya juga sih pertama kali naik pesawat itu pas jadi wartawan,"
*krik

Tapi, tetep aja sehari sebelumnya gue masih liputan sampe malem pulak. Belom lagi charger laptop yang sempet ilang dan gue kudu hujan-hujanan beli jaket parasut atas saran manager takut kehujanan di hutan. Kurang dari tiga jam tidur, dini hari pukul 3 gue harus bangun lagi, mandi dan nyiapin semuanya. taksi udah dateng, gue meluncur ke bandara. Di taksi gue gak ada berenti-berentinya sendawa, yaudah gue minum tolak angin dah. Yaah belom berangkat udah mabok.

Pas nyampe kawasan Bandara Soekarno Hatta, gue udah seneng aja gitu ngeliat deretan pesawat. *Norak. To be honest, I've been dreaming to get on the airplane. Jadi inget drama korea "Good Luck" ah andai pilotnya itu Shinkai, gapapa deh ke Timbuktu juga. Gue tunggu di depan restoran cepat saji karena meeting point-nya di situ. Lagi nunggu, di depan gue ada personel band kesukaan si Milta haha lengkap pulak. Terus dimintain foto gitu si vokalisnya sama pasangan yang mau pergi bulan madu.

Pas dateng orang yang dari Tropical Forest Conservation Action (TFCA) Iwan namanya, deg-degan gue agak berkurang, at least ada yang mandu nanti ke pengecekan, boarding pass dan tralala gue gak ngerti. Gak lama, pewarta yang dari Republika muncul, namanya Ratna, tapi suka dipanggil "Nap" karena kode dari kantornya begitu. Kenalan singkat dan langsung cabut ngikutin si Mas Iwan.

Finally, I get on this aeroplane *jogetdora. Sayangnya, gue duduk di kursi tengah, pengen banget deh tukeran sama bapak-bapak yang di pinggir jendela itu. Sebenernya sih gue biasa aja gak takut-takut amat pas take off, cuma bisingnya itu yaudah deh gue emut tuh permen banyak-banyak.

Gerimis menyambut gue di Bandara Polinia Medan. Dari sana gue ke basecamp Yayasan Orangutan Sumatra Lestari sama Orangutan Information Center (YOSL-OIC). Kita kenalan, briefing dan langsung tancap gas ke Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), tepatnya di Desa Halaban, Kabupaten Langkat.

Waktu yang ditempuh sekitar dua jam dari kota Medan. Setelah istirahat makan siang, dan menembus barisan ribuan pohon sawit, sampailah kita di tempat pemukiman paling dalam, artinya kita harus jalan kaki mendaki, menembus hutan sampai pondok yang letaknya tinggi di atas sana.

Oke siap! Gue gitu si Bolang (Bocah Ilang). Tapi, kayaknya ada yang gak beres. Coba cek tas, eh bener aja cokelat gue meleleh luber kena handphone, power bank, sisir, semua deh. "Di Medan cokelat makannya hadnphone ya hahaha", kata si Mbak Dinda, wartawan Kompas biro Medan. Yaudah, perjalanan terus berlanjut hah heh hoh...up..up...up... di tengah jalan Bang Ari, Koordinator Tim Restorasi Kawasan itu bilang "Ini tempat gajah lewat, kita lagi naik kereta (sepeda motor), ada segerombolan gajah lewat sini" Ebuset dan itu gajahnya liar kalau ketahuan, lo bisa diseruduk.

*bocah ilang
sawit semua ye kan? Tetiba teringat #sawityowit kuis di Twitter pas sahur.

*jelajah wartawan lingkungan
Sampailah akhirnya ke tempat pemondokan itu. Bukan Mandi keringat lagi, tapi banjiir! Kita disuguhi bubur kacang ijo+ketan item untuk mengembalikan energi yang tadi kekuras sama penjaga pondok di sana. Gak lama ada Burung Rangkong terbang melintas. Kalau kata acara yang di trans tv itu sih "Yeay! We're lucky today"
*bubur kacang ijo Leuser

Langit udah gelap aja, kita beranjak ke lantai dua pondok buat beristirahat. Imajinasi gue mulai liar. Kita cewek cuma bertiga di sini di antara belasan para pria. Benar-benar di sarang penyamun. Gue ngebayangin kalo mereka ternyata jahat dan mau ngapa-ngapain kita. Mau blingsatan kayak apa juga percuma  di tengah hutan belantara gini, mau lewat mana gelap gulita yang ada diseruduk gajah.

*langit mendung menyemilmuti kawasan konservasi

Tetiba awan imajinasi gue pecah gegara teriakan si Kak Dinda yang kaget ada kalajengking item segede gaban berjarak kurang dari lima senti dari kaki gue. Ini baru blingsatan. Gue dan Mbak Ratna langsung keluar dan bilang ke para pria itu untuk menangani kalajengking racun itu. Entah apa yang dilakukan mereka yang jelas si scorpio itu gak dibunuh.

*black scorpio

Namanya juga di hutan ya kamar mandinya seadanya. Cuma ditutup terpal gitu aja, makanya gue mengurungkan niat untuk mandi. Ditambah kejadian kalakengking itu, takut-takut udah nyampe puser aja.

Malamnya diisi dengan presentasi dan diskusi seputar konservasi, mulai dari perjuangan mereka buat nebangin pohon-pohon sawit ilegal itu, meredam konflik dengan gajah hingga sempat didatangi sebritis kakak beradik Cathie Sharon sama Julie Estelle.

Sebelum presentasi, kami sempat makan malam dengan menu yang bahannya diambil dari dalam hutan, yakni genjer dan jengkol sodara sodaraaahh huhh haahh. Udah mah sulit sikat gigi ditambah menunya digdaya gitu. hahah tapi enak sih walaupun agak pait, apa aja enak kalo dalem hutan.
*pondok tempat kita bermalam

Malam makin larut, kita beranjak menuju peraduan sembari mulut komat-kamit kalajengking selanjutnya tidak akan datang karena mereka gak jamin kalo kalajengking bakal nyamperin lagi.

Pagi harinya diisi dengan sikat gigi dari jendela lantai dua. Entah kenapa kita melakukan itu. Kemudian sarapan nasi goreng pedas dan tempe goreng.

*lantai dua pondok. Narsis? bae weh.

Kami lanjut menanam pohon. Iya donk wartawan juga turut melestarikan Leuser."Setiap tamu yang datang ke sini wajib tanam, karena nanti akan kami tagih untuk kemari lagi melihat tanamannya sudah setinggi apa?" kata Manajer YOSL-OIC Bang Rizal.

Usai menanam, kita pergi melihat pondok tempat nursery center yang dapurnya pernah diseruduk gajah. Di sana ternyata pohonnya udah pada tinggi-tinggi, bahkan kata si Mas Ari koordinator di sana, tumbuhannya beretiolasi, yaitu berlomba-lomba siapa paling cepet tinggi buat ngedapetin sinar matahari buat proses fotosintesis.

Setelah itu, kita bertolak ke Desa Sukarakyat buat ngeliat masyarakat yang sudah membudidayakan tanaman cokelat yang nantinya bakal menopang ekonomi mereka dan mengkonservasi lahan juga. Berkat sekolah Lapang (SL), sudah ribuan bibi yang ditumbuhkan dan mereka juga sekarang jadi tahu gimana caranya merawat tanaman dan mengusir hama.

Sekarang juga mereka udah gak pake pestisida kimia, tapi pake pestisida nabati, dari tumbuh-tumbuhan juga. Mereka juga berhasil menghasilkan 600 kilogram kompos dari kotoran gajah selama tiga bulan dari Oktober-Desember 2012.

*tempat pembibitan cokelat

*kediaman Pak Suparlan, Ketua Regu Sekolah Rakyat Desa Sukarakyat

*rumah warga Desa Sukarakyat di kawasan PT. London Sumatera

*sapi milik warga yang gak dikandangin tapi dikepar di perkebunan sawit yowit. eh

Itu yah padahal masih Kabupaten Langkat tapi ajegile dari Desa Halaban tadi makan waktu tempuh sekitar lima jam dan sempet nembus Kota Binjai!

Dimana-mana kelapa sawit dari ujung ke ujung, gak ada lagi. Di sana juga kita sempet makan duren dulu di Ucok Duren. Kalau kata gue sih rasa duren itu adalah semanis-manisnya dosa. Kalau duren yang dagingnya tebel sih banyak, tapi kalau yang rasanya kayak gitu sih gak ada lagi, bahkan lebih keren dari Duran Duran. Ah mulai ngaco gue. haha

*Duren yang ngalahin Duran Duran

Akhirnya gue, mbak Ratna, Mas Iwan sama bang Fery sampe juga di hotel, puas-puasin deh tuh mandi soalnya udah dua hari gak mandi. Leyeh-leyeh time! Tapi harus segera tidur soalnya besok pukul 06:30 harus sudah di bandara lagi bertolak ke Ibukota.

Rasanya masih pengen tiduran Tuhan, pegel banget tapi harus mandi dan sarapan secepatnya. Nyampe di bandara, gue juga nyempetin beli oleh-oleh hehehe biar gak kosong-kosong amat nih tangan eh gak taunya kebanyakan hahaha.

Dan jreng jeng! Ke Jakarta berarti kembali kerja dan kembali liputan politik bergelut dengan parpol, persiapan pemilu, caleg aarrgghh...so hectic!

Alhamdulillah gue dikasih kesempatan liputan ke luar kota dan liputannya lingkungan pulak, jadi bisa refresh aja. Karena ini bukan semata-mata jalan-jalan, gue juga kudu nulis berita dan tulisan. nanti gue share yah..Ah.. gak sabar buat liputan kesra lainnya mudah-mudahan bisa ke Lamalera, desa seribu matahari :D

Manajer tetiba bbm gue setelah ngeliat foto profil yang gue pasang, "Ju, kamu hepi banget kayaknya?" "Haha iya donk, Pak!"

P.S: Selang sehari pulang dari Medan langsung ditinggal Jirapah yang berangkat liputan ikut Menpora ke Pontianak.