Thursday 15 July 2010

Gaji Pertama

Gue baru aja abis ngajar. Alhamdulillah banget tadi sangat lancar jaya, yah walaupun capek ngajar di dua kelas yang masing2 berbeda tingkatan dan umurnya. Padahal yang satu kelas itu, gue baru pertama kali bertatap muka dan mengajar mereka gara2 pergantian guru soalnya gua gak kuat ngajar kelas Balloon 2 yang isinya anak- anak balita. Aduh ngusap dada deh!
Yap, gue megang tiga kelas yang masing- masing punya karkater (baca: kenakalan) yang berbeda. Satu kelas yang terdiri dari anak- anak sekitaran kelas 1-3 SD, satu kelasnya lagi diisi oleh anak- anak kelas 3-4 Sd, sedangkan kelas yang paling gede yang gue ajar yaitu anak- anak yang udah mulai labil dalam menjalankan hidup yaitu kelas 5 SD- 1 SMP. Masing- masing kelas menuntut gue untuk berpikir sekreatif mungkin dan berjuang keras bagaimana caranya memenej mereka. Pernah, waktu magang, ada salah satu anak yang mau loncat dari lantai dua. Pada saat itu, gue mempertimbangkan, “Apa gue berenti aja dari sini?”. Bukan cuma itu, banyak banget kenakalan anak- anak yang naudzubillah! Kalo cuma lari sana lari sini sih udah jadi santapan nusantara! Sebelnya kalo anak- anaknya udah bersengkongkol satu sama lain agar tidak mendengarkan kata- kata gurunya. Bencana! Udah gak bisa diapa- apain lagi kalo itu. Yang parahnya lagi, sekarang gue megang kelasnya Andreas dan antek- anteknya! Itu adalah murid luar biasa yang bisa bikin gurunya nangis, dan waktu gue megang kelasnya dia gantiin guru yang sebnernya karena hal tertentu, dia dengan sukses merusak lampu yang akhirnya mati dengan lemparan bola kertas. Andre!!!
Sebelumnya, gue sempat deg- degan menngajar di kelas yang baru (Gogo 4) karena ya itu tadi, gue gentian yang awalnya Ballon 2. Anak sekitaran kelas 3-4 SD kan udah gede dan itu seumuran adek gue yang paling bontot yang mana lagi bandel- bandelnya. Tapi, ternyata eh ternyata pada nurut semua walaupun rata- rata cowok dan ceweknya cuma satu. Dan mereka juga bukan anak yang susah belajar dalam artian pada pinter- pinter lah. Dan, dan lagi tuh kan, mereka sangat antusias setiap gue kasih aktivitas. Mulai dari baca doa, main activity, playing games, sampe tebak- tebakan sebelom pulang.
Untuk baca doa, ada kesulitan soalnya ada perubahan dari yang gogo 3 yang doanya cukup sederhana dan rimanya gampang ke gogo 4 yang menurut mereka kosa katanya sangat susah. Nanti deh gue kash teks doanya. Dan waktu tadi gue agak- agak lupa juga haha.Untuk main activity-nya gue masih me-review yang kemarin, tentang expression, activities and words. Moving chairs adalah game yang gue pilihkan buat mereka. Awalnya mereka sempet bĂȘte karena pengen banget playing games outside. Bukannya gue gak mau, waktu udah tinggal 15 menit lagi dan kalo main Hide and Seek (baca: ucing sumput) di luar gak bakalan sempet. Akhirnya, mereka menikmati juga dengan memasukan unsur bahasa inggris ke dalamnya yang tadi udah kita pelajari. Perut gue yang laper, tenggorokan gue yang kemarau, peluh gue yang bercucuran rasanya ilang gitu aja ngeliat mereka seneng dan dengan tidak sadar mereka telah mengerti apa yang tadi mereka pelajari. *Suddenly and unconsciously my big smile was cracked :D
Untuk kelas Gogo 1 (1- 3 SD), gue hadirkan mereka boneka gurita, bukan..bukan.,bukan Paul tapi Paulina haha maksa total! Karena mereka udah memasuki unit 1, yang materinya berisi tentang perkenalan (introducing ourselves), gue membangun konteks kalo gue punya teman baru yang ingin gue kenalkan ke mereka, yes si Paulina itu. Kenapa Paulina Kak? Iya karena belom lama ini kan kita dihebohkan oleh peramal bertentakel Paul yang sangat fenomenal itu meramalkan beberapa perhelatan besar di Piala Dunia. Pasti mereka pada tau, walaupun sekilas jadi gue nyari nama yang deket- deket aja biar cepet diinget. Lagian, boneka itu gue anggap berjenis kelamin wanita karena ditandai dengan bulu matanya yang lentik…aduh kok jadi sensi sih ngomongin bulu, jangan mikir ke yang lain yah. Yah, cuma buat menarik perhatian mereka aja menuju materi dan main activity. Ditambah, itu berhubungan dengan review mereka tentang alphabet yang contoh huruf O-nya Octopus: gurita. Walaupun awalnya gue ragu pake nama Paulina karena identik dengan nama- nama gadis di Amerika Latin sana, takut dikira gue suka telenovela lagi kan gengsi (padahal iya..haha..ya enggak lah!!!)
Alhamdulillah, semua lancar dari mulai pre- teaching, main activity, closing, sampe games. Lagi pada bersahabat murud- murid gue tadi hehe. Dan pas tadi ke meja administrasi, katanya ada dititipan dari Ibu Direktur buat gue yang udah dititipin di Ibu Manajer. Dan Ibu Manajer itu pun ngasih gue pas sebelum ngajar Gogo 4 tadi. Sekali lagi Alhamdulillah, ini gaji pertama gue. Gue gak buka amplopnya dulu. Pas di kostan baru gue buka dan ternyata jumlahnya jauh lebih besar daripada yang gue perkirakan selama ini. Akhirnya, perjuangan gue selama ini magang, observe atau apapun itu ada hasilnya. Alhamdulillah!!! Gak sabar gue pengen ngasih ke Ibu gue karena emang niat awal gue nyoba- nyoba kerja ya buat Ibu gue. Sangat tidak sabar melihat bibirnya tersenyum, ngasih semua gaji pertama gue tanpa sedikit pun gue belanjakan. Tapi gue harus sabar, karena mungkin liburan sebelum lebaran baru gue bisa pulang ke rumah. Gak sabar.
Hari ini emang komplit. Selain acara mengajar yang lancar jaya itu, gue juga bisa ngasih sedikit apa yang gue punya tadi ke anak jalanan. Semoga bermanfaat ya dek..Sembah Suci Kepada Ratu laut Arafuru..Husss ngaco lagi kan tuh gue. Nikmat Allah emanggak ada habis- habisnya, gak ada pujian selain Alhamdulillah….
Ini dia doanya yang kata mereka gampang
Friends before we study let’s pray together
Pray begins
My Lord gives us the knowledge
Gives us the spirit
Gives us the courage
To learn Your knowledge
And all good things in this world.


Ini doa yang kata mereka susah hehe dasar bocah
Friends before we study let’s pray together
Pray begins
My Lord builds my strengths and characters
Teach us valuable lessons
Gives us opportunities to for improvement
Gives us opportunities to learn
Avoid us from wastefulness
Avoid us from nothingness
So please blessed us My Lord only on the subject of You, Amin!

0 comments:

Post a Comment