Sunday 8 May 2011

Seminar di BIS

‘Happy’ is the single word that successfully describes my entire feeling yesterday. Why? Why? Why? Kenapa eh kenapa sodara- sodara. Jawabannya adalah karena gue abis seminar. Hah? Seminar? How come? What so outstanding with seminar that makes me soooo happy. Happy gara-gara seminar? Ajaib! Begini, gue certain ya, seminar kali ini bedaaa banget, jauh dari apa yang ada di bayangan orang- orang kalo ngedenger kata seminar, pasti asosiasinya adalah ceramah, boring, sharing yang dibuat- buat yang lebih menjurus kepada adu argumen dan gak jarang debat kusir pun tak terelakkan. Ini cuma pendapat gue aja ya berdasarkan apa yang gue alamin.

Jadi gue diajakin sama Nury ke seminar kemaren. Kita sebenernya disuruh ngegantiin kuota-nya Teh Nida yang gak bisa dateng lantaran doi mau ngehadirin resepsi pernikahan temannya. Gue sih mau- mau aja, kesempatan gak dateng dua kali. Apalagi begitu denger kalo ini seminar tentang interactive teaching target language, siapa tau ada sesuatu yang bisa menginsirasi gue dalam mengajar di kelas. Terus ini diadaiinnya di Bandung International School dan pembicaranya adalah native, pengajar bahasa Prancis di sekolah itu sendiri. Terus yang bikin gue lebih penasaran lagi adalah peserta seminarnya dibatasin hanya samapai 30 peserta saja. Wah, it will be private and great!

Begitu masuk ke kawasan Bandung International School, hawa- hawanya aja udah beda. Pas di administration desk-nya, langsung disambut sama 3 siswa yang merangkap jadi panitia yang cas cis cus nanya ke kita pake bahasa inggris. Rata- rata pesertanya sih para ibu, bapak guru SMP- SMA, jadi kita doank yang masih muda haha…eh tapi kita juga ketemu sama kakak tingkat yang udah mengajar di salah satu SMP di kabupaten Bandung. Jadilah kita bergabung.

Ternyata ini lebih ke workshop, bukan seminar. Kita duduk di kursi- kursi mengelilingi satu meja yang sudah dikelompokan, jadi berasa duduk di café. Dan lo tau kita berada di ruang apa buat workshop itu? Auditorium? Balai Pertemuan? Gedung Serba Guna? SALAH! Kita berada di perpustakaan yang homy dengan segudang buku- buku berbagai bahasa yang diatur sedemikian rupa sehingga memudahkan akses bagi siapapun yang menginginkannya. Sofa- sofa nyaman, prakarya siswa, boneka- boneka, gambar- gambar, kata- kata yang ditempel dengan berbagai bahasa. Pokonya, itu ruangan bikin kita bergumam, “Begini seharusnya ruangan perspustakaan.” Nyaman, sehingga menggoda siapapun terutama murid untuk datang dan baca berjam- jam disana. Gak seperti ruangan perpustakaan di sekolah gue dulu, berdebu, gelap, banyak sarang laba- labanya. Angkerrr!

Gue banyak belajar vocabulary dan beberapa ungkapan bahasa Prancis, kayak la chaise, la livre, la fenetre, ouvrez le livre. Banyak banget gamesnya, juga break-nya haha. Sebentar- sebentar coffee break, eh gak lama batagor break. Esensinya sih bukan dari belajar bahasa Prancisnya tapi lebih ke teaching strategies-nya buat ngajarin target language yang bener- bener interaktif , gak bikin boring, dan yang jelas bikin mereka berasa main padahal lagi belajar.

Yang bikin gue amaze adalah seminar oops workshop ini cuma di-organisasi oleh 3 orang siswa yang masih kelas x-xi SMA cewek pula dan berjalan dengan lancar jaya. Yah, memang justru yang begini ini yang patut dicontoh, gak banyak ngelibatin orang jadi kerjanya maksimal tiap orangnya. Juga, yang lebih pentingnya adalah gak banyak panitia pengangguran yang seliweran gak ada kerjaan yang rata- rata masih pada blah- bloh kalo ditanya tentang agenda seminarnya itu sendiri. Bahkan masih suka nanya ke temen panitia lainnya, toilet dan mushola dimana? *hela napas panjang.

Gue jadi pengen banget ngajar disitu, ngiri sama Project Director-nya acara kemaren. Namanya Dadan, dia lulusan bahasa inggris UPI yang ngajar bahasa Indonesia di sekolah itu. Gak nyambung sih, tapi tetep bahasa inggrisnya mantep. Terang aja lawong tiap hari bahasa pengantarnya bahasa inggris ke siapapun yang ada disitu, murid, rekan kerja, kecuali mungkin ke mang- mang yang ngejagain disitu. Hehe

Makasih banyak yah Nury for giving me this valuable and prestigious chance. Kalo ada lagi gue mau lagi dateng, tapi kayaknya gak mungkin deh. Hehe. Saking happy-nya gue sampe gak ngerasa kalo badan gue gak enak banget, pegel- pegel, dan pas gue mewek air mata gue panas. Haduh kenapa lagi ya Allah. Tapi Alhamdulillah sih udah mendingan sekarangnya.

P.S: Pas gue lagi menikmati menu breakfast yang disediakan sebelum workshop, gue ngeliat ke madingnya ada pamflet Study Tour ke Perth! Disaat sekolah- sekolah ber-study tour ke Jogja, paling banter ke Bali, ini ke Perth! Walah *garuk- garuk kepala.

0 comments:

Post a Comment