Monday 23 January 2012

Life Lesson


Mungkin kemarin, 22 Januari 2012, merupakan salah satu dari sekaian tanggal yang akan terus melekat di ingatan saya ini. Ya, kemarin dimana saya mendapatkan pelajaran yang berharga yang membuat saya mengail kembali  nilai- nilai  hidup yang mungkin sedikit demi sedikit telah hanyut entah kemana. 

Jadi, kemarin saya sedang menunggu angkot menuju rumah saya seusai dari atm untuk mengecek honor dari jasa mengoreksi skripsi teman saya, atau yang lebih trend dikenal dengan proofreading. Maklum, sedang mengumpulkan kembali pundi- pundi untuk angsuran naik haji haha bohong. Yah, beginilah nasib fresh graduate yang belum punya pekerjaan tetap a.k.a pengangguran haha. 

Alright, kembali ke pembicaraan semula, sore itu memang agak sepi. Tumben sekali padahal jamnya orang –orang kantor atau karyawan pulang. Agak lama menunggu angkot yang siap berangkat. Ada beberapa tetapi sedang tidak ada supirnya dan mungkin memang sengaja diberhentikan. Sebenarnya bukan angkot, semacam minibus pribadi yang sengaja dipakai untuk menarik penumpang. Maklum, di desa.

Sekitar  sepulun menit berlalu, masih saja tidak ada. Tidak lama, ada seorang pengojek yang menanyakan kepada saya ke arah mana saya akan pulang. Dan dia pun mengajak saya  untuk menaiki motornya secara cuma- cuma alias gratis. Awalnya saya ragu, karena marak terjadi penculikan dan pemerkosaan. Untuk yang kedua itu memang tidak mungkin juga dilakukan di atas kendaraan roda dua. Atau mungkin saja? 

Begini kira- kira pembicaraannya.

“Neng, pulang kemana?”
“Banjar. Banjarsari.”
“Oh yaudah bareng sama saya aja kalo gitu, kebetulan searah.”
“Abang ngojek?”
“Ya terserah eneng, kalo mau ngojek hayu..saya mah nawarin aja. Gratis neng sekalian saya juga mau pulang. Hayu bareng aja.”

Setelah abang- abang pengojek itu  terus meminta saya, entah kenapa mungkin muka saya yang lugu, rapuh, dan memelas yang mengundang rasa iba si abang ojek itu kepada saya. Saya menyebutnya abang karena menurut perkiraan saya usianya masih muda. Dan saya juga mendengar beberapa celetukan dari supir- supir angkutan di belakang saya “Udah neng, naek aja mumpung gratis nooh!”. Ya sudah saya jawab, “Yaudah deh bang ojek aja!” 
Akhirnya saya menaiki motor si abang ojek itu. Dan di perjalanan pulang pun terjadi pembicaraan yang menurut saya bukan pembicaraan tukang ojek yang sering berkumpul di perempatan, sambil munim kopi dan main judi gaple. Begini,..

“Abang, gak lagi nyulik saya kan?”
“Wahahaha, waduuh si neng siapa yang mau nyulik. Sok tanyain aja sama orang sini, pada kenal saya kok. Lagian, kalopun nyulik sok aja neng lapor.”
“Hehehe kan becanda bang, ya takutnyaa”
“Bukan gitu neng, jadi waktu dulu saya sering numpang motor orang kalo gak punya duit banget mau ada perlu kemana gitu.”
“Oooh”
“Jadi, saya sekarangnya suka kasian aja gitu kalo ngeliat orang belom pulang, mungkin gak punya ongkos. Yaudah saya ajak aja neng, siapa aja setiap pulang ngojek. Sebenernya ini juga saya belom dapet penumpang dari siang, tapi daripada saya laper mending pulang dulu lah neng.”
*hanya bisa terdiam*

“Neng?”
“Eh iya bang”
“Jadi gitu neng, bukannya mau nyulik hehehe.”
“Hehehe..kan becanda bang, ah si abang.”

Si abang ojek melanjutkan ceritanya..

“Ini juga saya harus bantu sodara saya yang ditinggal suaminya, padahal anaknya masih kecil.”
“Ya ampun” *kembali terdiam tak berkutik*

Entah kenapa pertanyaan terlontar dari mulut saya

“Terus, abang udah nikah?”
“Udah neng, tapi udah cerai.”
“Kenapa gak nikah lagi bang?”
“Troma (trauma) neng. Lah, gimana mau nikah lagi, ini aja udah syukur cukup buat makan.”
*Hanya bisa menunduk malu*

Saya melanjutkan.

“Ya.. sabar aja bang. Yang penting abang ikhtiar dan berdoa aja sama Allah. Terus kayak gini ya bang, sedekah ke orang. Sedekah kan bisa kayak gimana aja, ya contohnya kayak abang gini. Ya, walaupun maaf, abang gak bisa sedekah kayak orang- orang biasanya, tapi dengan kayak gini abang udah ibadah sama Allah. InsyaAllah bang, bakal dicukupkan rejekinya sama Allah kalo terus ibadah dan sedekah.”
“Iya neng doain aja. Yah, saya mah bersyukur aja deh neng.”

Tidak terasa, saya hampir sampai meunuju rumah. Saya beritahu si abang tukang ojek itu dimana berhentinya. Uang yang saya genggam yang tadinya saya gunakan untuk membayar onkos angkot pun saya tambahkan beberapa lembar untuk saya berikan ke abang itu. Mungkin tidak cukup untuk membayar kebaikan dan pelajaran yang saya dapatkan dari perjalanan tadi. Sudah saya duga, abang ojek itu enggan menerimanya. Ada sedikit paksaan agar si abang itu mau menerimanya. 

“Ah neng, gak usah.”
“Udah bang biarin.”
“Gak apa- apa neng. Saya kan tadi cuma sekalian pulang”
“Tapi, saya juga kan ngojek ke abang tadi.”
“Bener neng?”
“Bener.”
“Neng ikhlas?”
“InsyaAllah bang saya ikhlas.”
“Makasih ya neng.”
“Sama- sama ya bang. Mudah- mudahan berkah”

Saya memasuki rumah dan langsung bercerita kepada adik dan ibu saya. Alhamdulillah ya Allah, saya masih disadarkan dengan kejadian ini. Saya merasa malu dan kecil. Abang tukang ojek yang hidupnya susah saja, masih sanggup bersedekah, berbagi dengan sesama dan tanpa pandang bulu. Apalagi saya yang Alhamdulillah diberikan rejeki yang lebih daripada si abang ojek itu. Seharusnya saya lebih giat beribadah dan berbagi dengan sesama. Buat apa terus menerus melihat ke atas, bersombong ria, membeli sesuatu demi gaya atau apalah itu, sementara di sekeliling kita harus berusaha sekuat tenaga demi bertahan hidup. Mungkin, ini bisa menjadi renungan bagi kita semua, bahwa kita di bumi ini hanya dititipkan untuk mencari bekal sebanyak- banyaknya untuk kembali pulang ke rumah. Rumah yang sebenarnya.

1 comments:

Anonymous said...

where are u miss??

can't see u at all

Post a Comment