Monday 6 September 2010

KKN Part 2

Minggu pertengahan diantara 40 hari itu, udah mulai keliatan kulit asli belang busuknya temen- temen gue haha. Ada cowok yang suka banget perawatan, luluran lah, maskeran lah, creambath lah, bedakan lah..ow..yang terakhir itu gak. Ada yang sering banget malem- malem bangun, buat ke kamar mandi dan selalu berkata, “sakit hati!” ketika penyakit HIV (Hasrat Ingin Vipis) itu muncul. Yang kayak emak- emak pun ada, dia sering berpepatah dan berpantun ria pake bahasa jawa Cirebon, persis seperti Wong Tuo kalo orang jawa bilang. Gak heran setelah dia cerita kalo dia tinggal sama neneknya, “Oh pantesan” gue berujar. Kata- kata “Ya udah lah ya…” pasti terdengar dari temen kita yang ini yang juga doyan banget sama bakwan jagung. Ada juga yang terus- terusan ditelfon sama pacarnya, yang dipanggil my beibz itu. Masalah telfon- telfonan, ada lagi nih satu lagi yang suka ke kamar cewek sambil tiduran kalo nelfon, juga sering cari makanan ke dapur kalo perutnya nagih lagi. Cewek yang ini paling nyentrik kata gue, dia Cuma appearance-nya aja kayak cowok gak heran orang dia atlet softball Jawa Barat. Ternyata eh ternyata dia feminine loh, kesukaannya dia aja warna ungu dan kupu- kupu. Satu lagi, cewek ini polos dan manja banget kalo kata gue, paling sabar kalo ngadepin gue, logat jakartanya kentel paling rajin kalo nyuci piring, pernah sautu kali dia ngigo kenceng banget, meneriakan “Nomor satu!” di udara kamar kita tepat jam 3 dini hari, ternyata dia lagi mimpi ngajar di kelas, aduh ada- ada aja. Gelak tawa gak berhenti dari kita- kita yang ada ki kamar itu. Masalah ngigo, nah ini mungkin trademark gue di sana sama anak- anak. Kata mereka gue sering banget ngigo, hampir tiap malem katanya. Mulai dari mengacungkan jempol ke udara dan berkata, “bagus..bagus!” sampe mukul- mukul dengan sekuat tenaga temen yang lagi tidur di sebelah gue. Haduh, bencana! Padahal setau gue gak pernah ngigo. Apa gue sering ngigo cuma karena di kostan sendiri jadi gak ada yang tau…wah gawat!
Gak kerasa kita udah mulai masuk bulan suci ramadhan, yang lain pada pulang munggahan alhasil cuma gue sama satu temen gue doank yang tinggal, yaitu Eni. Suasana ramadhan di sana sepi banget. Emang kerasa banget gak seperti di kota yang heboh. Gue mengalami pengalaman yang menarik disini. Puasa disini dibalut dengan kesederhanaan dan rasa syukur. Yah, ini dia yang kedua kalinya awal puasa gue jalani di perantauan setelah Bandung pas awal kuliah. Oia sebelumnya gue juga sempet jogging ke kebun the Malabar, sumpah udaranya seger dan sejuk seketika itupun gue mainkan ‘Malino’ dari The Trees and The Wild dan sangat kawin mereka. Keujung sana, dikira gue gak ada yang lain selain hamparan hijau bahan minuman antioksidan itu, ternyata ada pasar kaget di atas gunung. Tajkub, ya iyalah baru nemu gue pasar berundak- undak gitu di atas gunung. Yang jadi inceran gue adalah, jajanan pasar tadisional khas daerah situ, daerah sunda sih, kaya nasi awug, gurandil, terus apa namanya, pokonya jagung, singkong, dan talas kukus dikelapain. Serba tradisional deh yang kalo di kota jatohnya jadi mahal soalnya langka.
Balik lagi ke bulan puasa. Beda banget sama di tempat kost gue yang dari jam 3 sore udah berjajar takjil- takjil manis penggoda iman. Di sana penjual takjil cuma satu, itupun cuma dua macem sekoteng, sama candil atau kolak biji salak. Belinya pun jauh, harus ke depan dulu..harganya cuma 1500 rupiah tapi gula biang semua haha…tapi enak- enak aja lah kata gue mah daripada gak ada. Gorengan pun yang harganya gopek tapi segede gaban. Wih, gak heran semakin melebar badan anak2 cewek di sana. Ditambah minum susu murni langsung dari sapi di samping rumah, udah tambah pengen cari timbangan berat badan nanti kalo udah pulang KKN.
Kita juga kebagian ngajar di salah satu SD di Desa itu. Selama seminggu kita ngajarin anak- anak murid SD tersebut dari kelas 1 sampe kelas 6. Gue kebagian ngajar kelas 1 dan 6 Damn!!! Kita ngajarin sesuai mata pelajaran hari itu. karena gue keukeuh pengen banget ngajarin bahasa inggris ke mereka, gue selipin deh nyayian- nyanyian bahasa inggris ke mereka hehe. Pas istirahat, gue ke tukang jajanan. Ini semua megingatkan gue jaman SD, yang ada temen- temen gue juga pada jajan terus haha. Jajanan yang waktu gue SD juga ternyata ada di sini, yaitu Es Kul Kul: Pisang yang dibekuin terus dibalut cokelat cair dan dikasih meses warna- warni. Enak banget!
Program kita yang kedua yaitu Lomba- lomba. Lomba yang kita adain yaitu lomba di sekolah dan di lingkungan masyarakat tempat kita tinggalin RT 02 dan RT IV. Lomba yang pertama yaitu lomba puisi dan lomba gambar temanya tentang bencana alam sesuai dengan tema KKN kita. Gak tau kenapa gue dan Randi didaulat untuk jadi juri lomba puisi, apa karena kita dari jurusan bahasa? Menurut gue puisi adalah bahasa yang rumit dan misterius, walaupun orang itu udah berkecimpung di dunia bahasa belom tentu dia ngerti puisi. Kayak gue, agak sulit sebenernya memahami konten puisi tapi yaudah lah gue terima tawaran itu (set dah, tawaran bahasanye), itung2 nambah pengalaman dan hiburan. Biasanya sih kalo anak- anak yang ikut lomba, seru, lucu- lucu. Ada yang bacanya flat dan tanpa ekspresi dan yang ngejoplak ke lantai dan nangis berusaha menghayati dengan sepenuh jiwa dan raga..huh dasar bocah! Lomba gambar juga gak kalah seru, gambarnya unik- unik (baca: aneh) pokonya menggoda perut kita untuk siap ketawa terpingkal- pingkal. Ada gambar gunung meletus tapi kita semua melihat itu adalah gambar semangka yang dibelah duren (eits). Oya, ngomong- ngomong belah duren ada cerita seru dibalik ini. Jadi pas intermezzo quiz di sela acara lomba, ada anak yang sangat polos, innocent atau apalah yang menggambarkan dia polos banget. Jadi, dia kebagian terakhir untuk nyanyi dikira gue dia bakal nyanyi lagu anak- anak. “Akh paling nyanyi balonku atau bintang kecil”, pikir gue. Mengejutkan sodara- sodara ketika dia mulai membuka suara dan melafalkan kata- kata, “Belah duren di malam hari paling enak dengan kekasih!” dengan muka yang terpasang masih polos. Sontak gelak tau menggema di kelas itu. akh petaka anak zaman sekarang.
Lomba yang kedua yaitu lomba kerohanian. Kita ngambil tema lomba ini karena moment-nya pas bulan ramadhan, gak mungkin kan kita bikin lomba panjat pinang dan makan kerupuk walaupun momentnya emang lagi 17-an. Adalah lomba adzan, kaligrafi, dan fashion show muslim yang jadi pilihan kita untuk lomba dengan beberapa pertimbangan. Gue sih salut di sini nilai keagamaannya masih tinggi, adzan-nya pada bagsu- bagus, kaligrafinya jug apada keren. Yang paling lucu sih lomba fashion show, macem2 gayanya, ada yang sepanjang jalan manyun, yang jalannya kayak preman juga ada padahal doi cewek hehe. Gue sih tetep konsisten dengan kerjaan gue yaitu megang kamera terus, jeprat jepret sana sini. Gak nyangka antusias warga sangatlah besar, ada yang dari kampung yang jauh banget, ada yang dianter serombongan gitu, dan kayaknya juga ada yang dari panti asuhan. Padahal hadiah yang diperebutkan gak telalu besar nilainya dari segi materi tapi mereka tetep seneng . Sedih bercampur takjub, bagi gue pribadi ini refleksi , cermin sekaligus pijatan hati.

0 comments:

Post a Comment