Thursday 16 December 2010

Jogja Dulu Baru Georgia

Hey, heyho? anybody home? Hehe. Entah kenapa akhir- akhir ini gue bawaannya ngantuk terus, terus badan berasa capek dan pegel- pegel gimana gitu (ih najis). Apa ini efek dari trip kemaren? hehe iya ya, gue masih punya utang buat nyeritain perjalanan kemaren. Yup, mungkin gara- gara itu juga, badan gue jadi pegel- pegel gak jelas gini. Gue emang gitu, gak kayak orang- orang kalo bales dendam sekaligus, seharian tewas udah kayak mati suri. Gue beda, biasa aja, jatah tidur segitu- gitu aja cuma dampaknya berhari- hari. Okay, mari bercerita....

Pertama- tama gue harus jelasin dulu tentang trip ini. Ini sebenernya studi banding acara jurusan dimana gue kuliah. Awalnya, yang mau ikut studi banding bakal diseleksi dengan melampirkan hasil test TOEFL dan Essay tentang Lokakarya penulisan skripsi. Dari awal dikasih tau seperti itu, gue udah mulai tertarik sih, tidak lain tidak bukan: jalan- jalan...siapa yang gak mau? Hanya, seiring berjalannya waktu, studi banding ini gaungnya udah mulai gak didengerin. Muncul lagi pamornya, setelah waktu pelaksannannya semakin mendekat. Awalnya, gue gak mau ikut soalnya baru aja gue keluar dari rumah sakit dan kondisinya masih melemah dan melemah, pucat pasi, sembilu hisapi jemari, tubuh membiru tragis Okay, cukup! Selain itu, persyaratannya gak mungkin gue penuhi, orang gue belom test TOEFL dan males bikin essaynya. Tetapi, kenyataan berkata lain sodara- sodara. Lama- kelamaan, studi banding itu diobral, gak ada persyaratan apapun. Awalnya..akhh awalnya mulu! Tetep sih gue ragu, apalagi kalo bukan kondisi fisik gue pasca opaname! Tetapi, setelah gue melihat diri gue kuat, berani pergi ke Subang bersama Geni nyasar sana- sini, gue rasa, akhhh...gue udah sehat *blagu.

Gue menghubungi koordinator 'kepala suku' tour ini untuk ikutan studi banding. jadi deh gue ikutan hihiy. Gue juga mengajak temen- temen gue, tapi pada gak mau karena punya acara sendiri. Tak apa, gue udah biasa sendiri atau kesendirian membiasakan gue? Mungkin persiapan- persiapan udah dibahas di postingan sebelumnya. Hari rabu malam kira- kira pukul 8 adalah jadwal yang udah ditetapkan oleh travel agent kita untuk keberangkatan, setelah sebelumnnya kumpul dulu di kampus, janjian dulu sama temen, nyerahin handycam ke Ginta, gue stress karena udah jam setengah 6 tapi belom mandi.

Gue dianter sama Agung, ini makhluk selalu ada terus setiap gue butuh. Thousand thanks have been sent to you. . Malem itu hujan, jadi agak hectic sedikit. Setelah gue nyari- nyari nama di masing- masing bus, ternyata nama gue ada di deretan seat bus dosen. Akh, sial! Pasti bete, ngebosenin. Moreover, just for youth info, gue se-bus juga sama pacarnnya mantan gue. Okay, sekian berita tidak penting hari ini. Damn, this would be worse than I imagine.

Sampe di sana pagi, kita gak mampir dulu ke hotel tapi langsung ke Universitas yang kita tuju buat dibandingin. Apa coba yang mau dibandingin. Setelah mengikuti semacam seminar singkat (baca: temu kangen), muter- muter dari gedung ke gedung, dan bikin berisik orang- orang yang berada di sekitar kampus gara- gara suara- suara heboh yang keluar dari tenggorokan kita yang lebih mirip ciap- ciap anak ayam atau yang lebih mirip suara anak SMP labil baru puber kejepit pintu. Hmmm...kebayang kan, kemudian kita pergi ke hotel yang akan kita tinggali selama kurang lbih 4 hari.

Itu sebenernya hotel dan apartment, makanya kita tinggalnya di flat. Di flat yang gue tinggalin, diisi 7 orang. Gue sekamar sama Intan dan Atri, di kamar yang lain diisi sama Mbae, Winceu, dan Inov, dan di kamar satunya diisi sam Nca dan Iya. First impression kita sampe di apartment itu sih lumayan hmm...let's say, spooky lah. Ini gara- gara cerita salah satu temen kita yang sering nginep di sana kalo ada acara debat. Gue sih build positive thinking aja, kalo kitanya gak macem- macem mah gak apa- apa, gak akan kenapa- kenapa. Gue berbicara seperti ini karena gue berpengalaman nginep di Villa di pesisir pantai Anyer yang sekelilingnya ditanemin kamboja! Lebih parah gak tuh, mana di depannya ada ayunan lagi. Hmm..Okay cukup membicarakan ini karena ini sudah malam.

Mandi adalah kegiatan yang diimpi- impikan setelah sampai di Apartment. Yah, harus ngantri. Selang kira- kira 2 jam kemudian, kita harus udah siap untuk melanjutkan tour ke Kota Gede dan Malioboro. Jujur, gue gak terlalu tertarik wisata ke Kota Gede ini, soalnya perak. Gue gak terlalu suka perhiasan, selain terkesan ibu- ibu juga harganya gak murah. Gak lama kita ke Malioboro, Nah ini dia yang gue suka, jalan- jalan di Malioboro, menikmati keramahan Jogja. Mencari pernak- pernik yang 'nyeni' adalah kegiatan yang udah mengakar di otak gue. Setelah tawar- menawar dan mendapatkan barang yang lumayan lah buat oleh- oleh, gue memutuskan untuk mencari nasi kucing. Kuliner ini emang wajib untuk diburu kalo ke Jogja soalnya selain murah, ada unsur kekerabatan yang hangat ketika kita berkumpul bersama menyantap si nasi kucing ini. Gue, Inov, Mbae, dan Winceu menelusuri pelataran trotoar maliboro sampai ke depan Bank Indonesia dan Kantor Pos. Soalnya, kata si Aris temen gue yang kuliah di sana, nasi kucing ada di sana, belinya jangan di sekitar malioboro, mahal begitu katanya. yaudah gue turutin, sayang seribu sayang udah ujyan becyek, ternyata gak ada sama sekali yang jual nasi kucing disitu sodara- sodara. Kecewa. Akhirnya, kita balik arah dan tragisnya, kita makan NASI PADANG !CRAP!!! jauh- jauh ke jogja makannya nasi padang. Inov bilang, “Ih, ngaleketek usus iyeu mah!”

Kuciwo karena nasi padang, kita pun pulang (emang jadwalnya bus pulang sih hehe). Gak lama setelah sampai di flat, kita kedatengan tamu bule pemuda Argentina namanya entah sekedengeran gue sih Peppy. Bukan..bukan..bukan Peppy The Explorer Si Janggut Kepang, yang ini lumayan ganteng sih walaupun gue keganggu sama tindikan di lobang idung sebelah kirinya (lho, kok hafal?). Maksut kedatangan bule itu adalah ingin bertemu Atri, temen sekamar gue. Sebenernya yang ingin bertemu itu temennya dia yang ngebawa bule itu kesini. Tapi pas gue Tanya, “Itu siapa Tri?” dia menjawab, “Teuing saha, teu ngeh Atri oge!”, “Lah?” gue begong perlahan- lahan. Karena rasa keingin-tahuan gue yang begitu dalam (baca: gak tau malu), gue ikut gabung ngobrol sama ntu bule. Si Peppy itu sih yang nyapa duluan dan berkata “Apa kabar” dengan aksen latin campur Espanola. Akhirnya gue ikut kenalan dan ngobrol yang kebanyakan masalah budaya dan bahasa. Karena gue udah mulai ngantuk, gue akhiri pembicaraan dan sikat gigi kemudian sholat di kamar Winceu. Setelah sholat, gue diburu pertanyaan tentang bule dan kekeselan mereka karena bule itu gak pulang- pulang padahal udah larut malem begini. Wajar, kita kan pada capek abis perjalanan dan jalan- jalan.

Pagi tiba, kita semua dikagetkan dengan kunci yang patah. Ternyata itu adalah hasil karya bule tadi malem yang gak bias diem ngelatak flat kita. Kita?. Hari ini kita mau ke keraton, batik beteng, kasongan, dan pantai depok. Assiiikk ke pantai, udah kebanyang gue sama sunset. Okay, yang di keraton dulu. Hmmm….aroma- aroma magis udah terasa mulai di pintu masuknya. Di satu sisi, gue terkesima dengan bangunan kuno yang masih kokoh, peninggalan budaya yang masih dirawat oleh para abdi dalem yang loyalitasnya udah gak perlu diraguin lagi, tapi di sisi lain gue dan teman- teman merasa tempat itu keramat dan spooky..spooky gimana gitu. Wajar, namanya juga bangunan tua yang ada sejak jaman Belanda. Banyak kembang dan kemenyan, ini nih yang bikin suasana magis dan seram makin menjadi. Gue sama Inov berkeliling dan memasuki beberapa museum, juga tidak menyia- nyiakan kesempatan untuk berfoto bareng abdi dalem, yang salah satunya sedang menulis dengan aksara jawa., meeennnn…..keren gak tuh. Ada perasaan ngeri ketika kita memasuki museum yang tidak diperkenankan untuk kegiatan berfoto. Di situ ada sumurnya loh..

Kemagisan keraton kita tinggalkan, menuju batik beteng. Di bayangan gue, ini pusat pembuatan batik, dari mulai proses penulisan batik yang pake canting dan malam, perebusan (serem amat) oya pencelupan warna dan sampai batik yang udah jadi. Eh gak taunya, ini cuma tempat jualan, mahal- mahal lagi. Gue, Inov, Winceu, Mbae, Intan, Atri, dan Shofa memutuskan untuk menyusuri jalan dan berharap menemukan tempat menarik untuk dikunjungi selain belanja. Yes, kita nemu pasar tradisional dan di sebelahnya ada TK yang ada seorang nenek tua berjualan mainan wayang- wayangan, dan mainan tradisonal lainnya. Semua pada antusias dan membeli gendang- gendangan yang terbuat dari kertas wajik. Mbae berujar, “Itu kan nenek yang pernah masuk TV gara- gara masih jualan benda- benda seni budaya kayak gini!” Gue Cuma ber-oooohh bulat. Ada andong (delman, bendi, sado atau apapun kalian mau sebut), gak perlu mikir lama, kita naik andong muter- muter sampai alun- alun dan berhenti sejenak karena hujan dan perut kita laper. Dasar cewek- cewek gambreng, heboh banget teriak- teriak dimana- mana, hujan teriak, duduk sempit teriak, keinjek kebo teriak (ya iyalah). Kasian gue sama mbah kusir yang kurus dan udah tua, kebanting sama kita- kita yang gemuk, sehat, dan enerjik (WHATS?).

Nasi pecel adalah pilihan kita mengingat gue dan inov masih dendam dengan nasi padang. Gak sengaja, ternyata warung nasi pecel tersebut adalah tempat yang pernah Pak Bondan Maknyuss kunjungi. Setelah kenyang, lebih tepatnya kekenyangan kita kembali ke andong, juga gak lupa buat beliin mbah kusir nasi pecel bungkus plus teh manis anget. Yah, walaupun basah, kita seneng bias naik andong sementara yang lain hanya bermuram durja duduk dan nugguin hujan berenti. Intinya sih kita bisa pamer ke mereka. Jelas sekali niat pamer tersebut, ditandai dengan meminta mbah kusir untuk berenti tepat di depan orang banyak, peserta tour juga. Benar- benar niat. Durhaka kamu nak.

Sekarang menuju kasongan. Tempat ini terkenal dengan kerajinan gerabahnya, itu tuh benda- benda dari tanah liat (kebangetan kalo masih ada yang gak tau gerabah itu apa). Ternyata harga barang- barang unik disini jauh lebih murah dari di Malioboro. Gue cuma beli mangkok batok buat maskeran (jangan tertawakan ini). Yes, let’s go to the beach. Sayang, hujan lagi marah kali ini. Boro- boro mau ke pinggir pantai, keluar bis pun enggan. Dinginnya ngajak gelut. Karena perut kita ini berdemo masal, kita pergi mencari tempat makan yang menyediakan seafood. Setelah menunggu laammmma banget, datang juga ntu seafood dan hap..hap…kepiting, cumi, dan cakalang habis disantap dengan barbar.

Hujan makin lebat, badai pun menguat, ombak bergulat, Mbae masup angin (nggak nyambung). Tanda- tanda alam tersebut sudah cukup untuk membuat kita pergi dari sini dan cepat menuju apartment. Tadinya, gue mau jalan sama Aris, penasaran sama Ayam Bakar Timoho dan Kopi Klothok rekomendasi Danil, eh hujan gak berenti- berenti, ditambah badan gue udah remuk redam. Yasudah, kegiatan tidur merupakan impian gue waktu itu.

Hari ketiga, hari ini kita mau pulang lagi ke Bandung teapi sebelumya, kita mampir dulu ke Bakpia d’java, terus ke Prambanan dan Pasar Bringharjo sebagai destinasi terakhir. Di tempat bakpia, gue cuma beli oleh- oleh dikit, gue gak menganggarkan banyak untuk beli yang satu ini. Pas di Prambanan, gue dan inov langsung semangat buat nyari penyewaan sepeda. Mata kita langsung ijo ketika ada bapak- bapak naik sepeda. Walaupun kata petugas candi gak ada penyewaan sepeda, kita tetep nekat untuk menanyakan langsung ke bapak- bapak bersepeda, memberikan penawaran yang menarik kalopun itu sepeda gak bisa dipinjem dan kita harus menyewa. Tetep aja usaha kita gagal! Akhirnya kita keliling naek kereta. Oya, foto- foto juga gak kita lupain, dari awal tour sampe hari itu gue emang selalu bersama si Inov, karena dia anak rimba tukang naek gunung, gue jadi kebawa- bawa. Naek bangunan candi, sebelum take foto. Emang ekstrim nih anak. FYI, tempat belanja sekitaran prambanan jauh lebih murah dari di malioboro, kasongan, dan bringharjo.

Sampai di pelataran mailoboro sebelum masuk ke beringharjo, kita menyempatkan untuk makan nasi pecel yang rasanya mangstab abieezzz. Putar puter ngalor ngidul akhirnya Inov dapet kaos bergambar vespa incarannya. Dia beli dua, buatnya dan pacarnya. Hari sudah semakin sore, waktunya kembali ke bis dan pulang! Capek banget asli, tapi di bis AC-nya nyerang ganas, gak bias dimatiin. Dampaknya, gue menggigil sampe- sampe dibalut kain. Huh! Sampe di kostan, gue sholat dan langsung tidur. Bangun tidur gue masih planga- plongo, Akh Buslag haha! Dan gue pun jatuh miskin, entah padahal gue udah perhitungkan keuangan gue.

P.S : Emang gak jodoh gue sama Bakpao, giliran pengen gak ada yang jual, giliran ada guenya udah kenyang. Nasip.
Terima kasih Indomaret, yang selalu menyediakan Cimory Yoghurt Drink dimanapun berada. *lirik Danil.

3 comments:

Anonymous said...

judul yg menarik!!
may your wish come true
akhirnya bikin postingan about your trip...
keep on writing girl!!!

Anonymous said...

nice trip se nice aku haha

chooey is surfing now said...

Terima kasih anonim...I wish you mention your name. It's better :D

Post a Comment