Wednesday 29 June 2011

My First Blackforest Is for My Mom.

“Cooking is My Passion.”

Yup, that sentence is enough to describe me somehow. Biasalah kalo gue lagi di rumah, Ibu gue udah pusing aja tuh gara- gara anaknya yang satu ini gak bisa diem kalo udah mulai nanya- nanya, “Ma, ada tepung terigu gak?”, “Tepung maizena yang dipake kemaren masih ada kan?”, “Telor sekarang sekilonya berapa?”. Itulah sebagian kecil dari pertanyaan gue kalo udah di rumah yang roman- romannya mau berperang bersama dengan alat tempur (baca: alat masak). 

Kali ini, gue mau bikin kue yang agak ribet. Karena tanggal 15 Juni kemaren Ibu gue ulang tahun, gue pengen banget bikinin doi blackforest. Emang dasar udah niat, gue balik juga bawa bahan- bahan memasak, kayak selai blueberry dan keju Gouda oleh- oleh dari Alfan yang baru balik dari beberapa negara Skandinavia (Iri setengah matiiiii), Thanks lots of bunches to you, Alfan :D 

Dari mulai browsing beberapa resep yang gue mix dan akhirnya jadi resep sendiri, belanja ke pasar, sampe plek jadi itu blackforest, itu kue kerjain sendiri walaupun hasilnya asimetris. Walaupun most of processes gue kerjain sendiri, tapi gue juga dibantuin sama Ibu dan adek- adek gue yang doyannya colak- colek adonan dan cream kue, termasuk nyokap gue. Hadaaah.

Perang dimulai. Gue gak lupa pake perisai dan baju besi (baca: celemek).  Oven, mixer, loyang, bahan- bahan, ready. Awalnya gue bingung mengenai komposisi resepnya. Saking bingungnya, yah itu tadi 4 resep gue mix jadi satu Haha. Yang penting ‘Bismillah’. Gue gak pake ukuran yang baku. Semuanya gue kira- kira sendiri. 150 gram gula pasir, gue rasa sama saja dengan 1 gelas ukuran sedang. 20 gram cokelat bubuk sama saja dengan ukuran 2-3 sendok makan. Semuanya berdasarkan ukuran kira- kira dan mengandalkan insting gue yang kadang- kadang gak tepat ini (ditambah gak ada timbangan haha). Bagi adik- adik yang baru mencoba mulai memasak atau bikin kue, jangan ditiru ya...ini bukan contoh yang baik Hehe, pakailah ukurang yang tepat untuk hasil yang maksimal.

Adonan udah masuk oven. Beres. Tinggal bikin krim. Gue bikin dua yang cokelat buat lapisan diantara kue, dan yang putih buat nutupin kuenya. Waduh, krim putihnya kurang. Aha, gue gak keabisan akal, hiasan diatas kue, gue bikin super kecil haha. Gak lupa gue tulisin, “Happy B’day Mom” walaupun pletat- pletot kayak sirkuit sentul. Tarraaa....peletakan buah cherry menandakan selesai sudah proses panjang dan melelahkan itu. 

Sebelum potong kue, kita semua berdoa untuk kebaikan semua. Ini sebenernya tidak direncanakan, tapi Alhamdulillah senang rasanya bisa menyenangkan orang lain dengan apa yang sudah kita lakukan dengan hati. Gak lupa, nenek, bibi, teteh, dan tetangga, gue suruh nyobain kue bikinan gue walaupun yah InsayAllah deh rasa dan bentuknya. Hehe. Senangnya bisa berbagi kebahagiaan dengan sesama, mudah- mudahan gak ada yang dilarikan ke rumah sakit gara- gara keracunan. Amin.

Kebetulan (gak kebetulan juga sih sebenarnya Hahaa) Ninik dan Afif datang  ke rumah. Dan kita menikmati bersama blackforest, yang kata Afif lembut tapi krimnya kurang manis. Bertambah juga senang gue karena teman dan sahabat gue ikut mencobanya. Bukan Cuma blackforest, gue juga bikin cold lime tea dan pisang goreng keju Gouda. Kata Ninik semuanya enak. Makasih :D


Ini dia prosesnya. Gue cuma post 3 foto aja. Tetep aje ya walaupun pake apron, idung gue tetep kena terigu.Kayaknya harus pake cadar. Aisyah kali aahh..


2 comments:

Anonymous said...

argh diposting juga...
gw g smpt nyobain

argh

argh

argh

byk yg pngen diomongn tapi argh
kyny keyboard gw hurufnya mulai berubah menjadi 4 huruf aja A R G H

A
R
G
H

chooey is surfing now said...

nanti insyaAllah kalo balik bareng, gue bikin lagi...I'll never stop cooking.

Post a Comment