Friday 11 February 2011

Raja dan Ratu

Sudah lebih seminggu usia pernikahan sepupu gue yang dirayakan 2 Februari kemarin. Ada kata- kata yang menarik perhatian gue dan sering dilontarkan terutama tukang riasnya. “Duh, cantiknya jadi ratu sehari hari ini mah!”, “Duh pangling, cantik banget, bener- bener jadi ratu hari ini!” Enggak, gue gak iri sama sekali dengan didandani dan julukan ratu itu, sebaliknya malah gue bertanya- tanya. Ratu? Ratu apanya? Karena didandani secantik mungkin terus disebut ratu? Apa ratu itu pake make up, kepala diganjel atau dipakein sesuatu, kembang di sana sini? Apa ratu itu Maia Ahmad dan Mulan Kwok? BINGO, You’re right! Katanya raja dan ratu bisa ngapain aja, apanya yang ratu kalo cuma bisa duduk mempertahankan postur tubuh agar terlihat sempurna, apanya yang ratu kalo dibebenai tugas menyalami semua orang yang datang, apanya yang mau kalo makan dan bahkan pipis pun susah? Yah, mungkin itu generalisasi orang terhadap ratu atau raja. Kalo versi gue, ratu sehari adalah dimana gue bangun tidur leyeh- leyeh di kasur, ngopi, ketak- ketik nulis blog, baca buku, leyeh- leyeh lagi, makan cemilan, ngopi lagi, ngirup udara seger dari balkon sambil denger ‘Spoken’-nya Pure Saturday atau ‘The Heart of Life-nya-John Mayer’, main sepeda, menikmati sore di atas genteng, pake baju belel, kembali leyeh- leyeh, nonton spongebob, masak pancake atau pasta, ketak- ketik lagi, ketawa- ketiwi sama adek- adek gue, nonton Allez Cuisine dan Aroma, ngopi lagi, baca buku, dengerin radio Prambors, dan diakhiri dengan menulis agenda untuk esok hari. Hmm…jauh dari dandan, baju ribet, dan gak bisa kesana kemari. Walau bagaimanapun, memiliki pernikahan yang sesederhana mungkin sangat sulit untuk diwujudkan, terlebih budaya kita memegang teguh kalo pernikahan itu bukan hanya antar 2 orang yang akan terikat tapi 2 keluarga (besar). Apalagi keluarga gue termasuk keluarga yang sangat menjunjung tinggi adat. Pasti lah upacara adat mah gak ketinggalan. Padahal yang mau nikah siapa sih? Dan pasti suatu saya akan menjadi ‘ratu’.

0 comments:

Post a Comment