Sunday 13 June 2010

Classical Orchestra Concert

Hari Kamis kemaren (10/6/10), gw diajak Ginta dan Iken (pacarnya Ginta) buat nonton orkestra klasik yang bertempat di Balai Pertemuan Umum kampus gw, UPI. Gw diajak karena Iken juga main di acara itu. Dia pegang Violin 1. Gw sih asik2 aja,apalagi nonton konser musik, gw suka. Gw adalah penikmat musik, jenis musik apapun kalo emang didengernya enak ke kuping gw pasti gw ramu dan gw resapi bait demi bait. Dangdut atau keroncong pun kalo sekiranya masih wajar dalam pemikiran gw, ya gw nikmatin. Hanya, untuk dangdut sekarang semakin 'melenceng' dan identik dengan 'erotis', sebaliknya keroncong semakin melangka dan banyak dinilai sebagai musik kakek- kakek jawa.
Balik lagi ke konser. Gw agak ragu untuk dateng ke konser itu, gak tau kenapa yah mungkin salah satunya gw pengen nuntasin DVD2 yang udah numpuk belom ketonton dan kelarin buku 'Marmut Merah Jambu'-nya Raditya Dika. Tapi, setelah ditilik- tilik dan diklitik klitik, gw ikut aja deh, lumayan buat ngebilas otak gw yang siang tadi kesiram racun UAS Functional Grammar, Research Method, dan Kewirausahaan, apalagi setelah dibayarin separo tiketnya oleh Iken, gw mao...haha.
Ini pertama kalinya gw nonton konser orchestra, klasik pula. gw sempet dibingungkan dengan dress code. "Ini kan konser klasik.", pikir gw! yah siapa tau harus pake pakaian formal kayak jas atau apa gitu. (Cewek ya gak mungkin pake jas Juwitaaa...!)iken juga ngejelasin kalo ada tata tertib yang bakal dibacain sebelum nonton konser yang harus dipatuhi selama konser berlangsung. Alamak, ini konser atau ujian sidang?
Karena konser ini gw pikir agak formal, gw pake baju serba hitam ikut Ginta dan Iken. Iken sih jelas dia mah rapi pake jas orang dia main disitu. Pas gw dateng ke tempat konser itu diadakan, Oia nama konsernya Serial Concert #2 Bumi Siliwangi (kampus UPI yang di Bandung terkenal dengan sebutan Kapmus Bumi Siliwangi, gak terkenal juga sih hehe) kalo gak salah, banyak orang banget dan rata2 pakeannya formal. Ada sih satu dua orang yang pake warna agak memainkan retina mata orang2. Satu gw amati yang pake warna orange dan bermotif bunga- bunga pantai, mungkin dia adalah tipe anak yang ceria. Dalem hati, bade kamana atuh neng...
Gw memilih duduk di barisan yang kedua setelah muter2 ke tempat duduk penonton di bagian atas sudut kanan dan kiri. Disebelah gw Ginta, dan sodara2nya Iken yang pada dateng juga. Acara dimulai setelah sambutan dan Pembantu Rektor bagian akademik (kalo gak salah) yang mana bokapnye kakak tingkat gw dan setelah pembacaan tata tertib selesai dibacakan. Kira2 begini tata tertibnya kagak boleh tepuk tangan dtengah2 konser, boleh pas mau atau setelah aja, kamera gak boleh pake blitz, ponsel wajib dimatikan atau di-silent!
Alunan gesekan dari biola dan cello pun mulai beriringan disusul dengan kontra bass yang agak berdeham serta melodi dari alat music tiup, seperti trombone, oboe, trumpet, flute, dan dilengkapi perkusi yang mendentum. Satu kata “Brilliant!” Ada beberapa guest stars juga eits ini bukan tempatnya d’bagindas atau Armada yang lagi rajin gentayangan di acara2 musik tiap pagi dan sore tapi guest stars yang udah mendunia di Negara asing tapi asing di Negara sendiri. Mereka meliputi conductor (Iswargia sudarno), pianis (Mutia dharma), dan violist (Gregorius Danny Artyasanto). Yah, gak usah ditanya dan diragukan lagi permainan mereka kayak apa. Lots of salutations are going to them!
Mereka memainkan 4 lagu dari composer ternama Mozart, Haydn, dan Schubert. Kalo kita biasa mendengarkan satu lagu paling banter 5 menit. Ini beda, satu lagu bisa setengah jam. Yah, gak heran orang2 disebelah gw tidur, dan ada celetukan dari salah satu Ababil (ABG labil) di belakang gw, “Lama- lama ngantuk yah!”. Gw sih menikmati aja, apalagi pas solist violin Gregorius tampil, sumpah banyak tatapan dan decak kagun tertuju pada dia. Satu yang gw gak tahan, GW PENGEN TEPUK TANGAN DAN TERIAK WOOHOO! Tapi kalo gw ngelakuin itu bisa2 gw didepak, bukan Cuma itu gw bakal dituntut gara2 ngacoin ntu acara. Gw Cuma mendecitkan gigi gw nahan teriak dan berkata ke Ginta, “Teh gin, gak tahan pengen tepuk tangan!”. Tegin menjawab, “Iya sama ita juga.” Teh Gin (biasa gw panggil begitu) yang dari tadi terkesima dan tertawa melihat akang Gregorius yang mirip vokalis band Korea favoritnya yang juga pake anting di telinga kirinya. Busyet itu anting berkelap kelip gak ada berentinya lantaran sorot lampu yang temaram yang menembak langsung ke arah panggung.
Mungkin orang2 yang pernah nonton acara musik bareng gw udah pada gak heran. Gw yang petakilan gak tahan ngeliat yang keren2 langsung tepuk tangan dan teriak sekenceng- kencengnya, ini disuruh duduk manis dan diam. Yah, gak apa2 lah daripada gw dikulitin orang2 segedung- gedung. Setelah acara selesai, para pemain memainkan bonus lagu karena para penonton request dengan keras hati untuk main lagi. gw dan teh gin pun menyambagi dan menyalami Iken yang capek, keliatan dari keringetnya kayak yang abis marathon 5 keliling itu. Orang2 banyak yang foto2 ama pemainnya, banyak juga temen2 dan keluarga mereka yang datang. Wah, hangatnya suasana seperti itu. Pengen banget gw begitu, manggung dan ditonton sama keluarga dan temen, udahannya disalami dan kita foto2: Iri.
Gw pun melakukan sesi foto2 sama Iken dan Ginta juga ada temannya, Frans. Setelah Iken nganter kita dan ngasih nasi kotak konsumsi konser ke Ginta, kita pun pulang ke kostan. Gw sih capek banget dari tadi siang beraktivitas, uas dan segala macem ditambah kemarennya disibukan oleh proposal oleh sebab itu, gw meniatkan untuk sholat dan langsung tidur. Tapi Teh Gin dengan antusias menyalakan TV dan memindahkan channel ke Trans 7 yang programnnya berjudul “DUNIA LAIN”. “Ayo cuy kita nonton!” Ajaknya. “Aduuuh teh gin!” gumam gw yang udah setengah bermimpi.
NB: maaf baru ngepost abisan kemaren gw disibukkan dengan ini itu, *sok sibuk*

0 comments:

Post a Comment