Wednesday 9 June 2010

Percaya Gak Percaya

Ketika seseorang ingin menulis, seperti menginginkan air di hausnya atau mendambakkan roti di laparnya, maka tidak ada yang bisa menghalangi. Layaknya bola salju yang semakin menggelinding semakin besar dan membabi-buta ,sehingga bisa meruntuhkan pondok bambo kokoh di hadapannya.
Hehe..tumben ya gw bahasanya agak teratur. Hmmm…yah begitulah kalo otak gw lagi lempeng dan seperti itulah perasaan gw saat ini, Dying to write, dying to share out and it comes insanely without knocking the door of my consciousness. Gyyaaaa…gw berkata lagi tuh. Keinginan gw untuk nulis (baca: curhat) memang sangat kuat terutama sekarang ini walaupun besok gw UAS Functional Grammar, Kewirausahaan, dan due date Research Proposal. Yah, mungkin beginilah hidup: pelik dengan pilihan. Semua pilihan, kita tinggal memilih. Tapi, yang paling sulit justru prosesnya itu dan yang harus menentukan adalah diri kita sendiri, diri kita sendiri, dan diri kita sendiri. Kenapa gw berulang2? Karena buat menyakinkan elo2 aja kalo yang berpengaruh besar buat hidup lo adalah ya diri lo bukan orang lain. Okay, gw gak menyalahkan teori ilmu sosial yang menyatakan kalo manusia gak akan hidup tanpa bantuan orang lain. Tapi, itu ada kadarnya dan yang pasti tidak sebanyak jasa dari diri lo dan untuk lo.
Oke, mungkin itu prolog…hehe
Begini, perasaan terkuat gw kali ini adalah membahas tentang kepercayaan. Bukan kepercayaan keyakinan beragama tapi kepercayaan yang diberikan oleh orang lain kepada kita atau sebaliknya. Jujur, sangat sulit bagi gue untuk cerita masalah2 yang menurut gw sangat sensitif, walaupun itu ke sahabat yang sangat akrab dari kecil udah bertualang bareng dari lembah yang satu ke lainnya. Oke, tadinya gw percaya2 aja sama dia, tetapi ketika dia mulai berkata,
“Eh, sebenernya ini rahasia gw sama si……tapi elo jangan bilang ke siapa- siapa lagi ya, terus kalo lo ditanya jangan dari gw!”
Sepersekian detik gw buru2 mengurungkan niat gw untuk cerita ke doi. Gimana gw bisa naro kepercayaan ke dia tentang cerita gw nantinya, kalo dia aja ngebocorin rahasianya sendiri dengan temennya. Prihatin!
Untuk cerita masalah sensitif, bagi gw cuma keluarga yang bisa jadi andalan. Mereka gak bakal bocorin rahasia, toh buat apa? Kalopun mereka bocorin rahasia gw, mereka juga ikutan kena malu kalo itu ceitanya menyangkut harkat, martabat dan moral. Misal, gw cerita tentang diri gw yang jelek2 menurut orang lain pastilah kalo orang lain tau gak sedikit mereka beranggapan dan bertanya- Tanya, “itu anaknya siapa sih?”, “Oh..itu kan adeknya si ini.” “Emang dasar keluarga itu mah begitu…!” tuh kan, akhirnya mereka yang gak tau duduk perkaranya apa, langsung mengeneralisasikan ke seluruh keluarga, akhirnya satu keluarga lah yang terkena dampak.
Tapi, curhat sama anggota keluarga juga bukan masalah gampang kalo buat gw. Pertama, malu. Ini gak bisa dipungkiri..misal cerita tentang pacar atau gebetan. Pastilah gak seantusias cerita ke temen sendiri. Trus, kalo ceritanya agak berat, sensitif, dan riskan, mereka sering menganggep enteng. Kayak masalah gw yang cerita ke kakak perempuan gw satu- satunya. Via sms.
“The opi, ita pengen curhatt!”
“Curhat apaan lo? Cerita aja!”
“gw sebel kenapa sih…………………………………..” (maaf gak bisa dipublikasi kan sensitif hehe)
“Ya elah, kirain gw apaan..kayak gitu doank tenang aja ta tar juga bae!”
Gondok. Padahal gw itu lagi serius- seriusnya mau cerita dan gw gak tau lagi mau cerita ke siapa gw cuma bisa mengandalkan teteh gw ehhh ditanggepinnya enteng. Ya…macemnya gw aja tempo hari teteh gw sms..begini…
“Ta, artinya ‘concierge’ tuh apa sih?”
“Pengawas Pintu. Emang kenapa gitu? ” (pikiran gw waktu itu, the opi lagi ngeberesin berkas2 di tempat kerjanya terus nemu kata sulit itu untuk dipecahkan, dan jauh dari kamus atau dia lagi ikut tes apaan gitu terus itu pas bagian bahasa inggrisnya) . Ternyata..eh..ternyata…jawabannya adalah..
“Enggak, teh opi kan lagi nonton DRAMA KOREA, subtitle-nya bilang dia (pemeran pria) jadi ‘concierge’. Kan te opi gak tau makanya nanya. Lagian ini episode terakhir jadi sayang kalo dilewatin, sedih deh ta…ini juga ada di tv tiap sore diputer, suka nonton gak?
(dalem hati) Allahuakbar…!kirain apaan.
“ya..ampun kirain mah apaan teehhh! Cape deh!” haha gw alay
Nah, impas kan. Mungkin menurut kakak gw, itu penting banget tapi menurut gw mah astagfirullah gak ada penting- pentingnya. Yah, sama halnya dengan gw. Yang penting kita masih bisa kasih kepercayaan satu sama lain dan solusi pun bakal datang walapun harus menjalani proses kayak di atas tadi. Gw dapet nasehat, doi dapet arti kata ‘concierge’ dan dapat melanjutkan kembali nonton drama korea dengan asyiknya. Gw bakal cerita hal2 yang gw anggep sensitif ke orang lain? Gak bakal. Sampe detik ini, gw belom nemuin temen yang bisa jaga rahasia selain keluarga gw. Kamu?
Dah ah mau belajar dulu….wish me luck!^^

0 comments:

Post a Comment