Wednesday 26 May 2010

Ibu

Ini lanjutan yang tadi, kenapa gw pisahin soalnya lumayan serius (apa lo mulai merinding kayak pas reality show 'Dunia Lain'?. Begini, ibu gw malem2 banget sms setelah gw ketiduran, gw taunya pas bangun di dini hari. Isinya sangat membuat gw tertohok (ini gak bohong dan gak dibuat2). Gw tertegun (lagi) baca smsm itu. Ibu gw gitu, gak pernah sms gw terus tiba2 sms gw dengan nada yang seperti itu. Spontan, gw yang masih nangkep nyawa yang berceceran, baca sms itu berkali- kali dengan berusaha fokus pada tiap hurufnya. Dan seketika, perasaan gw bercampur aduk antara kesal, agak sedikit marah, bersalah, dan sedih. Gw yang kala itu sadar belom solat isya, gw ambil wudhu dulu terus sholat dan coba baca sms itu lagi. Gw gak bisa menghalangi air mata gw untuk numpang lewat kelopak mata dan pipi setelah itu berujung pada layar hp gw yang mem-blur.
Gak tau kenapa, sejak gw jauh dari rumah (ke Bandung untuk kuliah), intensitas kedekatan gw sama nyokap agak berkurang. Gw merasa, kok gw lebih deket ke bapak yah? Dia selalu nelfon gw, nanya kabar, kesehatan, kuliah, dan yang terpenting keuangan. Bukannya gw gak bersyukur dapet sosok ayah yang perhatian banget, tapi gw sangat mendambakan ibu gw setidaknya untuk mengirim kata2, "Ta, lagi apa?". gw sangat butuh hal2 kecil seperti itu. yah, walaupun gw sangat tahu kalo ibu gw meski gak pernah melakukan hal- hal yang seperti itu, dia gak berhenti2 berdoa untuk anak- anaknya di sepertiga malam terakhir. Ibu gw sangat rajin memang dalam hal ibadah. Hanya, gw ingin hubungan kita sangat dekat, layaknya ibu dan anak yang lain. Jalan dan belanja bareng, atau sering smsan. Seperti sahabat yang curhat tentang pacar, teman2, dan masalah sensitif tentang wanita.
Bukannya gw sama sekali gak deket sama ibu gw, gw juga sering ngobrol tapi cuma ngobrolin hal- hal umum aja, itupun paling sambil masak. Gw bersyukur banget punya ibu kayak ibu gw, dia berhasil mendidik anak2nya untuk terus berada di jalan yang gak menyimpang, gw juga bersyukur dia selalu berdoa buat keberhasilan anak2nya. You are the best mom ever in the world! Mungkin hal yang harus diperbaiki adalah cara berkomunikasi yang tidak perlu menggunakan urat, pelan saja agar tidak menimbulkan interpretasi yang lain.
Nb: Besyukur saja lah, oke Juwita! Oke!

0 comments:

Post a Comment