Saturday 22 August 2009

Sensasi Tarawih Outdoor

Gw lupa nyeritain yang satu ini. Tarawih kali ini outdoor! Cool gak tuh? Kenapa ini terjadi? Gw akan ulas kupas, tuntas, kurap kadas, cadaaaas! Jadi, di lingkungan sekitar rumah gw ibu2 pengajian biasanya gak teraweh di Masjid, mereka teraweh di tempat kayak pengajian atau mushola kecil atau mungkin biasa dikenal “langgar”. Walaupun banyak sebagian juga ibu2 yang teraweh di masjid, entah mengapa ibu2 majelis ta’lim pada teraweh di langgar itu dari tahun ke tahun, malah dari kecil. Gw termasuk juga yang teraweh disitu karena selain deket rumah, gw ngikut nyokap yang bertahun2 melakukannya di situ2. Bukan cuma ibu2 aja, tapi anak2, remaja putri, dan nenek2 (biasanya masih da hubungan keluarga juga) pada memilih teraweh disitu. Gw juga gak ngerti, gw rasa imamnya atau ketuanya (yang gak ganti2 itu, yang notabene bibi nyokap gw) punya kharisma yang sangat tinggi untuk mengajak para ibu2 baik buat pengajian atau ibadah lainnya. Kayaknya dia punya semacam magnificent touch yang kayaknya mirip keahlian Rommy Rafael dalam ‘menghipnotis’ para ibu2.
Balik lagi ke topic. Nah, karena usul ini itu dari para ibu2 yang salah satu alasannya adalah tempatnya heurin*) , maka keluarlah surat keputusan dari ketua majelis ta’lim yang menyatakan tarawih bulan puasa kali ini dilakukan di lapangan serbaguna di belakang rumah gw. Gw kira bercandaan ibu2 aja, eh gak taunya ini sungguhan (nada dramatis!). Pas gw mau teraweh pertama semalem, ternyata benar adanya dilakukan di lapangan serbaguna yang tadinya lapangan bulu tangkis yang dibuat seindah mungkin mendukung suasana ibadah ramadhan. Ada sensasi yang berbeda sholat tarawih outdoor , kalo sholat Ied sih biasa coz dilakukan pas hari terang, pagi- pagi dan rata2 orang2 melakukannya di lapangan. Kalo ini beda, yang gw rasain semalem adalah angin semeliwir, pesawat terbang melintas dengan indahnya di atas kepala kita dan kita bisa menikmatinya waktu jeda sholat. Kita juga bisa liat bintang yang berkelap- kelip di langit gelap sana. Tapi, ada juga sensasi yang hebohnya, di depan gw ada ibu2 muda bawa anak kecil yang gak mau diem banget! Kakinya tergeletak pas banget di tempat sujud sajadah gw! Bangke! Gw jadi gak khusyuk sholatnya mikirin gimana gw sujud. Tapi Allah membukakan pintu hati anak bandel itu, pas banget gw mau menundukan kepala ,mau sujud anak kecil itu tiba2 melengos dengan cepat lantaran ada temennya yang ngajak maen. Terima kasih Allah, Alhamdulillah! Selain itu, ada seekor kucing yang melenggang dengan entengnya melintasi sajadah ibu2 bebrapa baris di sebelah gw. Untung bukan sajadah gw yang jadi catwalk-nya,hehe :-P!

*) Bahasa Sunda yang artinya sempit.

0 comments:

Post a Comment