Monday 24 August 2009

Tips- tips Menarik A’la Chef Chooey di Bulan Ramadhan

Tips biar puasa tetep seger dan fit, here it goes….
1. Biar siang2nya gak terlalu haus, minumlah susu segar nan hangat saat sahur. Karena susu mengandung kalsium yang sangat tinggi (Biar alasannya gak nyambung ini udah terbukti ama gw sendiri dan adik2 gw). Kalo yang lagi diet minumlah susu low fat atau susu kedelai.
2. Konsumsi kacang hijau. Kacang hijau mengandung protein tinggi dan sumber vitamin B1 dan B2 yang membuat tubuh tetap segar dan mencegah panas dalam karena pada saat puasa biasanya suka timbul sariawan dan bau mulut (hayo ngaku?!). Selain itu kacang hijau dapat membantu mengurangi rambut rontok (penting buat iyesh), menghilangkan flek- flek hitam di wajah, dan meremajakan kulit. Kacang hijau pun dapat dimodifikasi dalam penyajiannya bisa dibikin bubur, pudding, atau kue. Terserah anda.
3. Ketika berbuka, jangan langsung minum minuman yang dingin, usahakan minum yang anget2 aja dulu seperti teh manis atau susu hangat atau kalo gak suka keduanya bisa dengan air putih. Kenapa? Karena akan menimbulkan efek haus yang terus menerus dan ingin minum lagi, lagi, dan lagi. Itu akan berbahaya kalo terus menerus dirasa sampe keesokan harinya ketika puasa.
4. Jangan konsumsi emping ketika sahur. Itu akan menimbulkan rasa pahit di mulut ketika berpuasa walaupun makannya udah berjam2 yang lalu.
5. Jangan jadikan nasi goring sebagai menu sahur anda karena akan menimbulkan rasa haus yang luar biasa keesokan harinya.
6. Jangan keseringan makan yang pedas2ketika berbuka dan sahur karena akan merusak lambung dan kerongkongan anda padahal ketika berpuasa organ2 di dalam tubuh kita sedang ‘berekonstruksi’ membuang sel2 yang sudah mati dan menyusun sel2 baru.
7. Tambahkan irisan kulit jeruk lemon ke dalam air untuk mandi anda. Jeruk lemon mempunyai efek menyegarkan pada kulit. Usahakan pada mandi sore karena sore hari menjelang buka biasanya muka anda semakin kusut, bermuram durja, tubuh anda lunglai, jalan pun tertatih- tatih karena lemas. Hal ini direkomendasikan karena saya tahu anda akan ngabuburit dan mengeceng cewek2 cantik atau cowok2 ganteng. Hal ini menghindari ke-ilfilan-an para remaja jomblo yang sedang ngeceng.
Tips ini berdasarkan pengalaman penulis kecuali yang ngeceng 2 itu. Saya tidak pernah ngabuburit sambil ngeceng, karena bulan ramadhan harus jaga mata, hati, dan telinga. Dan tips ini pun telah di-ujicoba-kan mamah saya kepada anak2nya. Otomatis, saya adalah korbannya. Jadi anda tidak usah ragu mengikuti tips menarik yang saya berikan. Selamat mencoba!
NB: Wah, udah adzan dzuhur? Dan saya sadar TERNYATA SAYA BELOM MANDI DARI PAGI, oh God!
Saya mandi dulu yah, makruh ga sih mandi siang2?
Kenapa jadi “saya” begini?

0 comments:

Post a Comment